Tuesday 26 December 2023

Ide Peluang Bisnis Online Bagi Pemula, Anti Gagal!

 

Pexels.com

Perkembangan teknologi yang semakin pesat seiring dengan peluang bisnis online yang semakin besar pula. Hal ini ditandai dengan maraknya platform jual beli yang bisa digunakan hanya dengan mengunduh aplikasi di ponsel saja. Kamu bisa menggunakan daya kretivitas yang tinggi, komputer dan jaringan internet untuk memulai bisnis online dari rumah.

Tidak semua bisnis online harus dimulai dengan menyediakan modal besar untuk stok barang. Bahkan sebagian pelaku bisnis online bisa memulainya tanpa modal. Cukup mengandalkan koneksi internet, kamu sudah bisa melakukan kegiatan usaha dengan menawarkan jasa atau produk. Lantas, bagaimana caranya menjalankan bisnis tanpa modal dari rumah?

Tips Bisnis Online Tanpa Modal yang Mudah Bagi Pemula

Kamu yang ingin memulai bisnis namun terkendala modal, solusinya bisa dengan menjalankan bisnis online. Berbagai keuntungan bisa kamu dapatkan dengan menjalankan bisnis online. Tidak hanya peluang bisnis online yang semakin besar, tapi kamu juga bisa menghemat dari segi biaya. Bisnis online bisa kamu jalankan dari rumah, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat. Untuk menjalankan bisnis online tanpa modal yang menguntungkan bagi pemula, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut ini :

1.      Tidak Pernah Berpikir Gagal

Dunia bisnis selalu memiliki dua sisi, sukses dan gagal. Keduanya tergantung bagaimana pikiran kamu terhadap bisnis yang sedang dijalankan. Kamu yang masih menjadi pebisnis pemula, penting sekali untuk menjauhkan diri dari pikiran gagal. Pola pikir akan tercermin dalam semua tindakan kamu.

Apabila sejak awal sudah meragukan bisnis yang sedang dijalankan, sebaiknya kamu tidak melanjutkan rencana bisnis tersebut. Lakukan evaluasi diri, lebih kuat mana antara pikiran sukses dan gagal sebelum menjalankan bisnis online.

2.      Dukungan Keluarga Sangat Penting

Memulai bisnis bukanlah hal yang mudah, apalagi ketika kamu baru akan merintisnya. Oleh sebab itu, penting sekali adanya dukungan dari keluarga. Jelaskan keinginanmu untuk memulai usaha sekaligus minta dukungan materiil maupun non materiil. Bantuan keluarga bisa menjadi bagian dari kesuksesan bisnis, jadi tidak perlu sungkan untuk minta bantuan dari keluarga.

3.      Memilih Usaha yang Sesuai Minat


Pexels.com

Salah satu poin penting dalam memulai bisnis adalah menentukan bidang bisnis yang sesuai minat. Hal ini bertujuan agar bisnis yang dijalani terasa lebih mudah dan menyenangkan untuk dijalani. Sehingga kamu bisa lebih bersemangat dalam membangun usaha. Contohnya, jika kamu memiliki hobi membuat desain baju. Kamu pasti akan lebih tertarik untuk menjalani bisnis fashion yang bisa memberikan keuntungan maksimal.

4.      Menentukan Waktu yang Tepat untuk Mulai Bisnis

Tidak perlu buru-buru dalam memulai usaha, karena memilih waktu bukanlah hal yang bisa dianggap sepele. Lakukan perhitungan yang cermat untuk mulai usaha agar kamu tidak mengalami kerugian. Contohnya, ketika mendekati lebaran kamu bisa mulai bisnis kue lebaran atau busana muslim. Gambaran ini akan membuat kamu menjadi lebih jelas dalam memilih waktu yang tepat untuk memulai bisnis.

Setelah mengetahui keempat tips memulai bisnis online, kini saatnya kamu memulai bisnis tanpa modal dengan cara yang mudah. Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui jenis bisnis online yang bisa kamu jadikan pilihan.

Ide Bisnis Online Tanpa Modal

Perkembangan digital membuat kamu lebih leluasa dalam memilih jenis bisnis online tanpa modal. Lebih mudah lagi, jika kamu mau mengajak saudara, teman atau kerabat untuk memulainya bersama. Berikut ini beberapa ide bisnis online yang bisa kamu coba untuk mendapatkan keuntungan, antara lain :

1.      Freelance Writer

Bisnis ini cocok sekali buat kamu yang memiliki hobi menulis. Bayangkan saja, kamu bisa memanfaatkan hobi tersebut untuk mendapatkan penghasilan. Kamu bisa mendaftarkan diri sebagai freelance writer, sehingga kamu bisa menghasilkan uang dengan membuka jasa kepenulisan.

2.      Kursus Online

Untuk memulai bisnis online bisa kamu lakukan dengan cara yang mudah. Cukup dengan memasang poster secara online yang berisi penawaran jasa seperti kursus bahasa asing. Kamu bisa menentukan durasi dan harga untuk membuat promo yang menarik minat pelanggan.

3.      Jasa Penerjemah

Keahlian dalam berbahasa asing tidak hanya bisa digunakan untuk membuka kursus online, tapi juga bisa digunakan untuk membuka jasa penerjemah. Jenis bisnis ini akan menarik minat para pelanggan, terutama di kalangan mahasiswa. Biasanya mahasiswa menggunakan jasa penerjemah untuk menerjemahkan jurnal ke dalam Bahasa Indonesia, dan sebaliknya.

4.      Dropshipper atau Reseller

Jenis bisnis ini yang paling umum sekaligus mudah dikerjakan, terutama bagi ibu rumah tangga. Dropshipper atau reseller merupakan jenis bisnis yang dilakukan dengan cara memasarkan kembali produk yang disediakan supplier melalui akun jualan pribadi. Ketika menawarkan, pastikan harga yang dicantumkan sudah termasuk keuntungan.

Ketika mendapat pesanan, pembeli akan mengirim uang ke rekeningmu. Kemudian kamu mentransfernya kembali ke supplier yang menyediakan barang dan meminta untuk mengirim barang tersebut ke alamat pembeli. Dengan demikian, kamu sudah mendapatkan laba tanpa harus mengeluarkan modal sedikit pun.

5.      Jasa Desain

Bagi kamu yang memiliki ahli dalam jasa desain, bisa memanfaatkannya sebagai sumber penghasilan. Jasa desain terebut bisa berupa kartu undangan, stiker atau poster.

6.      Blogger

Tentu tidak ada yang menyangka jika menulis secara rutin di blog bisa menghasilkan uang. Tuangkan ide-ide menarik hingga membuat review yang bisa menarik minat pembaca. Semakin banyak pengunjung blog yang membaca tulisanmu melalui adsense, maka akan semakin besar pula penghasilanmu.

7.      Jasa Titip (Jastip)

Selain dropshipper dan reseller, jastip merupakan bisnis online yang paling mudah berikutnya untuk dilakukan. Rajinlah cek promo atau diskon di pusat perbelanjaan, lalu tawarkan jastip ke teman atau saudara melalui media sosial.

8.      Admin Sosial Media

Untuk menjadi admin sosial media, kamu perlu memiliki ide yang menarik. Perkerjaan ini tergolong baru, namun banyak yang membutuhkannya terutama akun-akun sosial media yang digunakan untuk berjualan.

Beberapa ide diatas mungkin akan dianggap sulit jika kamu sebagai seorang pemula. Namun, tidak perlu ragu lagi untuk memulainya. Peluang bisnis online ini terbuka lebar bagi siapa saja, termausk buat kamu yang masih pemula.

Cara Bisnis Online Bagi Pemula

Setelah mengetahui berbagai peluang bisnis online, saatnya kamu memulainya tanpa ragu lagi. Untuk memulainya, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini :

1.      Lakukan Riset Terhadap Target Pembeli

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk memulai bisnis online adalah menentukan target pembeli, baik generasi muda, ibu rumah tangga, anak-anak usia dini atau yang lainnya. Lakukan riset pembeli serta pilihlah platform yang sering digunakan untuk aktivitas jual belinya.

2.      Bandingkan Harga Produk/ Jasa

Selanjutnya, kamu bisa membandingkan produk/ jasa yang dijual di pasaran. Untuk menarik minat pembeli, pastikan produk/ jasa yang kamu tawarkan memiliki harga bersaing dengan kualitas terbaik.

3.      Optimalkan Media Sosial untuk Pemasaran

Salah satu tips bisnis yang paling mudah adalah dengan mengoptimalkan media sosial untuk menjangkau wilayah pemasaran yang lebih luas. Sehingga kamu bisa menawarkan produk/ jasa untuk pembeli di luar kota, bahkan luar pulau.

4.      Berikan Promo atau Diskon yang Menarik

Cara yang paling ampuh untuk menarik perhatian pembeli adalah dengan membuat program promo atau diskon. Ini bisa menjadi magnet tersendiri untuk membuat lebih banyak pembeli yang mengunjungi akun kamu.

5.      Konsisten

Konsistensi sangat dibutuhkan dalam menjalani sebuah usaha, bagitu juga dengan bisnis online. Lakukan pemasaran produk/ jasa secara rutin di media sosial dan pastikan produk-produk tersebut merupakan keluaran terbaru.

Peluang bisnis online ini akan terus muncul seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar. Seiring dengan perkembangan bisnis online yang dijalankan, pastikan kamu juga telah melakukan investasi sebagai cara cerdik untuk mengelola keuangan bisnis.

Kamu bisa memilih jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan, baik untuk menambah aset bisnis dalam jangka pendek atau jangka panjang. Untuk memenuhi kebutuhan kamu tersebut, Bibit menyediakan berbagai jenis investasi salah satunya reksadana.

Selain mudah untuk dilakukan, kamu bisa mulai investasi dari nominal Rp 100 ribu. Lebih menariknya lagi, kamu bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp 25 ribu dengan memasukkan kode referral. Tidak perlu menunggu lebih lama lagi, dapatkan sekarang juga kode referral untuk daftar investasi di Bibit dengan klik di sini.

Contact person :

geger.siska83@gmail.com

No comments:

Post a Comment

Review IMPLORA Cheeck & Liptint New Shade : Juicy Juice

  Foto pribadi Ada nggak sih yang seperti aku, suka beli satu produk kecantikan tapi memiliki banyak manfaat? Selain praktis, tentunya juga ...