Wednesday 3 May 2023

Mi Serasa, Mi Ayam Pangsit Homemade Pertama di Gemolong

Foto : koleksi pribadi

Larangan untuk tidak banyak makan mi pasti sudah sering kita dengar, terutama untuk jenis mi instan atau mi ayam. Namun semakin makanan ini dihindari, semakin banyak pula yang mencarinya. Terutama bagi para pecinta mi, kesempatan untuk menikmati mi dari berbagai tempat pasti akan menjadi hal yang istimewa.

Bukan tanpa alasan, larangan untuk tidak mengonsumsi mi ayam terlalu sering karena dalam setiap 100 gram mi ayam mengandung 39 μg retinol, 262 mg kalsium, 78,6 gram air dan 6,2 gram protein. Artinya kandungan retinol, kalsium, air dan protein termasuk cukup tinggi.

Sedangkan untuk satu mangkuk mi ayam mengandung sekitar 421 kalori. Angka tersebut dinilai cukup besar, karena bisa memenuhi 25 persen kebutuhan energi dalam satu hari. Berbeda dengan mi instan yang mengandung banyak pengawet, Mi Serasa terbuat dari bahan alami dari bahan terigu dan telur.

Mi Serasa, Mi Homemade Memanjakan Lidah


Foto : koleksi pribadi

Konsumsi mi ayam masih dianggap aman untuk kesehatan jika mengonsumsi tidak lebih dari 2 kali dalam satu minggu. Seperti jenis makanan lain yang terlalu sering dikonsumsi, mi ayam juga memiliki efek negatif bagi kesehatan jika dikonsumsi setiap hari. Salah satunya adalah obesitas.

Sebagai pecinta mi ayam, alasan ini yang membuat saya memasukkan Mi Serasa sebagai salah satu rekomendasi. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat mi ayam yang disajikan masih segar. Perpaduan kuah, bakmi, irisan daun bawang, sawi serta tambahan toping ayam cincang membuat makanan ini sangat digemari masyarakat.

Anda yang menghindari konsumsi mi ayam terlalu banyak pasti karena pertimbangan bahan pengawet yang terkandung di dalamnya. Namun, Mi Serasa tidak menggunakan bahan pengawet karena pemilik kedai membuat mi basah sendiri. Ciri-ciri mi basah yang dibuat tanpa bahan pengawet, antara lain :

1.     Mi memiliki tekstur yang lembut

2.    Memiliki aroma tepung terigu dan telur

3.    Mi tidak terlalu kuat

4.    Sisa air rebusan keruh karena terbuat dari tepung terigu dan telur

5.    Tidak dapat disimpan lebih dari satu hari

6.    Rasa yang gurih, lembut dan empuk karena tidak mengandung bahan pengawet

Mi Serasa merupakan mi homemade atau buatan sendiri yang dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet, sehingga aman untuk dikonsumsi sehari-hari. Tambahan irisan daun bawang, bawang goreng, sawi serta topping ayam cincang, baik untuk menamba nilai gizi. Anda bisa menekan risiko obesitas dengan cara mengatur ulang porsi makanan yang dikonsumsi serta rajin melakukan olahraga.

Alasan Kelezatan Mi Serasa Wajib Anda Coba


Foto : koleksi pribadi

Seperti tagline-nya Mi Pangsit Buatan Sendiri Tanpa Pengawet, Mi Serasa memang dibuat dengan bahan alami tanpa menggunakan pengawet. Pemilik meracik sendiri bahan-bahannya, sekaligus mengolah sendiri untuk bahan mi basah.

Rempah-rempah yang digunakan untuk melengkapi bumbunya sangat terasa saat mi yang tercampur kuah menyentuh lidah. Sementara kuah yang dilengkapi daun bawang, disajikan terpisah memudahkan Anda untuk mengatur sendiri banyaknya kuah yang akan digunakan.

Ada beberapa alasan kenapa Anda wajib mencoba Mi Serasa, yaitu :

1.     Jenis mi yang memiliki tekstur lembut

Jika dibandingkan dengan mi ayam yang dijual di restoran, kedai maupun pinggir jalan, Mi Serasa memiliki tekstur yang lembut dan gurih. Berbeda dengan mi ayam yang pernah saya temukan di pinggir jalan, ada beberapa yang terasa kenyal. Sedangkan mi yang kenyal biasanya mengandung bahan pengawet.

 

Sementara untuk jenis mi yang dijual di restoran atau kedai biasanya memiliki tekstur yang lebih tipis atau lebar serta mudah lembek. Untuk tekstur seperti ini kurang cocok di lidah saya karena dapat mengurangi cita rasa mi ayam tersebut.

 

2.    Disajikan dengan porsi yang pas

Biasanya pedagang mi hanya memasukkan 1-1,5 gulungan mi basah saja. Lengkap dengan irisan daun bawang, bawang goreng, sawi dan topping ayam membuat Mi Serasa memiliki terasa pas di perut.

 

Tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit, meski ada tambahan pangsit, bakso atau dim sum. Saat mengambil mi menggunakan sumpit atau garpu, ada saja potongan ayam yang terselip di dalamnya. Semangkuk mi ayam cukup membuat perut yang lapar menjadi kenyang, namun tidak sampai begah.

 

3.    Kelezatan terletak pada Saus yang Digunakan

Selain kuah yang menjadi penentu kelezatan mi, saus yang digunakan juga memiliki peran penting. Tidak seperti kedai mi ayam yang sering saya temui, Mi Serasa menggunakan saus dengan merek-merek populer yang sering kita jumpai di televisi atau bahkan supermarket.

Bagi pecinta mi yang memperhatikan faktor kesehatan, Mi Serasa tentu menjadi pilihan utama saat hendak menikmati mi ayam. Meski berbeda dengan mi ayam pada umumnya, kedai ini tetap mendapatkan tempat di hati para pecinta mi ayam.

 

Foto : koleksi pribadi

4.    Harga Lebih Murah

Penyajian mi ayam yang memperhatikan kebersihan dan kesehatan penikmatnya, tentu banyak yang menduga jika harga Mi Serasa akan mahal atau setara mi ayam yang ada di restoran.

 

Anda akan salah jika beranggapan demikian, Mi Serasa dijual dengan harga yang ramah di kantong. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang hanya untuk menikmati mie ayam sekelas restoran.

 

5.    Mi Serasa Menjadi Comfort Food Bagi Orang Indonesia

Comfort food bisa dimaknai dengan makanan yang diolah secara sederhana, namun memiliki cita rasa yang khas dan istimewa. Makanan ini akan membuat Anda nyaman saat menikmatinya, tidak hanya rasanya yang lezat tapi Anda tidak perlu khawatir dengan pengolahan bahannya yang tentu sangat memperhatikan faktor kesehatan.

Mi Serasa memiliki berbagai varian topping, antara lain :  mi ayam original, mi ayam pangsit basah, mia ayam dimsum, mi ayam bakso, mi ayam komplit, mi yamin dan lainnya. Saya sendiri belum sempat mencoba semua varian topping-nya. Namun dari dua varian yang pernah saya coba, sepertinya saya akan Kembali lagi lain waktu.

Anda yang tinggal di area Gemolong, Sragen tentu tidak akan kesulitan untuk menemukan kedainya. Segera kunjungi Mi Serasa yang ada di Jl. Raya Gemolong – Sragen KM 1 No. 1 Gemolong, Sragen.

***  


 

No comments:

Post a Comment

Review IMPLORA Cheeck & Liptint New Shade : Juicy Juice

  Foto pribadi Ada nggak sih yang seperti aku, suka beli satu produk kecantikan tapi memiliki banyak manfaat? Selain praktis, tentunya juga ...