Thursday 16 March 2023

Resolusi Keuangan, Sudah Tercapai atau Belum?


Reksadana Pasar Uang saat ini menjadi pilihan instrumen investasi bagi banyak orang. Tentunya pemilihan instrumen ini dilakukan bukan tanpa alasan. Salah satu alasannya adalah demi mencapai target finansial atau resolusi keuangan yang mungkin belum sempat tercapai sebelumnya. 

Bicara soal resolusi keuangan, memang ini bukanlah hal yang mudah untuk dicapai. Anda bisa saja membuat resolusi keuangan 2023 dengan mudah namun belum tentu bisa mewujudkannya. Dibutuhkan strategi yang tepat agar resolusi keuangan tersebut bisa tercapai. 

Tips Mewujudkan Resolusi Keuangan 2023

Di tahun 2022 kemarin, apakah resolusi keuangan Anda sudah tercapai? Jika belum, maka Anda harus bisa memanfaatkan tahun 2023 ini untuk mencapai resolusi keuangan tersebut. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bisa mewujudkan resolusi keuangan 2023:

·                     Lakukan Evaluasi dari Kesalahan Masa Lalu

Pertama-tama, lakukan evaluasi dulu dari kesalahan manajemen finansial di masa lalu. Jika di tahun 2022 kemarin target keuangan Anda tidak tercapai, maka cari tahu dimana letak kesalahannya. Anda harus bisa mengetahui apa kesalahan yang sudah dilakukan dan kendala apa yang membuat resolusi tersebut gagal untuk diwujudkan. 

Tentunya evaluasi ini dilakukan agar di tahun 2023 ini Anda bisa melakukan manajemen finansial yang lebih baik lagi. Catat apa saja kesalahan yang sudah Anda lakukan. Pastikan untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Jika Anda memang punya keinginan kuat untuk mewujudkan resolusi keuangan, pasti Anda akan lebih mudah menghindari kesalahan tersebut terulang kembali. 

·                     Tentukan Target secara Spesifik

Silakan tentukan target finansial atau resolusi keuangan Anda secara spesifik. Ini adalah poin penting yang harus Anda lakukan agar resolusi tersebut bisa tercapai. Tuliskan resolusinya secara spesifik dan sejelas mungkin. Mulai dari apa yang ingin Anda capai, berapa banyak nominal yang dibutuhkan, hingga perkiraan waktu kapan resolusi tersebut harus tercapai. 

Semakin jelas dan detail Anda menuliskan resolusi keuangan maka akan semakin mudah untuk menyusun strateginya. Anda paham betul apa yang sebenarnya ingin dicapai. Jadi lebih mudah untuk menentukan apa saja yang harus dikerjakan. Misalnya, ingin membeli mobil seharga Rp500 juta maka tahu berapa banyak uang yang harus disisihkan dan investasi apa yang bisa dipakai. 

·                     Tingkatkan Pendapatan

Salah satu kunci untuk mencapai resolusi keuangan adalah peningkatan pendapatan. Teorinya mudah, semakin banyak pendapatan Anda maka akan semakin banyak uang yang bisa dipakai untuk mencapai resolusi atau target. Hal ini juga akan membantu Anda untuk mencapai resolusi lebih cepat dari waktu yang sudah ditargetkan. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah pendapatan Anda. Apalagi di zaman digital seperti sekarang, rasanya ada banyak sekali pilihan cara agar pemasukan bisa terus meningkat. Anda harus pandai memanfaatkan peluang dan pahami keterampilan apa yang bisa Anda andalkan.

·                     Tekan Pengeluaran yang Tidak Penting

Sebaiknya peningkatan pemasukan juga diimbangi dengan meminimalkan pengeluaran. Sebisa mungkin tekan pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting. Fokuskan diri untuk memenuhi kebutuhan pokok dan jangan mudah tergiur dengan pengeluaran yang sifatnya tersier. Apalagi hanya untuk sekadar mengikuti tren yang sedang berlangsung saat ini. 

Jika bisa berhemat, maka lakukanlah. Semakin banyak uang yang bisa Anda hemat, maka akan semakin besar juga peluang untuk mencapai resolusi keuangan di waktu yang lebih cepat. Terapkan gaya hidup minimalis dan hindari gaya hidup yang membuat Anda keluar uang terlalu banyak setiap hari. 

·                     Lakukan Investasi

Ini adalah salah satu langkah bijak yang bisa Anda ambil jika ingin mencapai resolusi keuangan 2023. Lakukanlah investasi karena melalui investasi Anda bisa menjaga nilai aset bahkan membuatnya berkembang jadi semakin banyak. Uang yang Anda miliki mungkin akan habis begitu saja jika tidak diinvestasikan. 

Saat uang Anda diinvestasikan ke instrumen yang tepat, maka uang tersebut bisa bertambah jumlahnya. Ada imbal hasil yang akan Anda dapatkan dari instrumen investasi. Hasil investasi ini bisa Anda gunakan untuk mencapai target atau resolusi keuangan tadi. 

Pastikan untuk memahami profil risiko Anda sebelum berinvestasi. Kenali juga instrumen apa yang ingin dipakai. Misalnya Anda ingin berinvestasi dalam bentuk Reksadana khususnya pasar uang. Cari tahu apa itu pengertian Reksadana Pasar Uang, seperti apa risikonya, bagaimana cara kerjanya, dan lain-lain. Ini akan membantu Anda lebih siap menyusun strategi investasi yang matang. 

Mulai Investasi Reksadana bersama digibank by DBS

Capai resolusi keuangan Anda dengan berinvestasi di instrumen Reksadana Pasar Uang bersama Aplikasi digibank by DBS. Tentunya Anda akan merasakan beragam keuntungan jika berinvestasi di aplikasi ini. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dihadirkan oleh layanan Aplikasi digibank by DBS:

·         Investasi terjangkau mulai dari Rp100 ribu.

·         Pembelian Reksadana berkala jauh lebih fleksibel.

·         Ada 3 kategori, Reksadana kinerja terbaik, terpopuler, dan scoring terbaik. 

·         Tersedia lebih dari 50 produk Reksadana. 

·         Daftar SID (Single Investor Identification), jual, beli, dan switch Reksadana bisa dilakukan lewat satu aplikasi.

Kini Anda bisa memulai langkah investasi Reksadana dengan mudah dan aman bersama Aplikasi digibank by DBS. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan investasi secara online dan mengakses instrumen Reksadana dengan mudah. Tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk menunda keputusan memulai investasi demi mencapai resolusi keuangan 2023. 

Reksadana Pasar Uang bisa jadi pilihan instrumen yang tepat bagi Anda untuk mencapai target finansial. Instrumen ini juga bisa dijadikan pilihan diversifikasi jika Anda sudah memiliki instrumen investasi lainnya. Langsung saja klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. 

*** 

  

No comments:

Post a Comment

Review IMPLORA Cheeck & Liptint New Shade : Juicy Juice

  Foto pribadi Ada nggak sih yang seperti aku, suka beli satu produk kecantikan tapi memiliki banyak manfaat? Selain praktis, tentunya juga ...