Tuesday, 3 January 2023

SMF Solusi Investasi #AmanNyamanCuan untuk Masa Depan

https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-pasangan-tangan-wanita-8293700/

Kesadaran berinvestasi sejak usia muda menjadi salah satu hal penting untuk diperhatikan dalam merancang masa depan. Terutama bagi pemula, kekhawatiran akan keamanan dana tentu akan menjadi salah satu faktor utama sebelum memutuskan untuk memilih salah satu jenis investasi.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang investasi yang perlu kamu tahu, ada baiknya untuk memahami lebih dulu tentang pengertiannya. Investasi merupakan aktivitas penempatan dana untuk mendapatkan penghasilan atau peningkatan nilai, pada satu atau lebih dari satu jenis aset pada periode tertentu. Investasi juga bisa diartikan sebagai salah satu alat untuk mewujudkan tujuan-tujuan keuangan di masa yang akan datang.

Jenis Investasi yang Perlu Kamu Tahu Berdasarkan Tujuannya

Ada tiga kategori investasi yang perlu kamu ketahui jika dilihat berdasarkan tujuannya, antara lain :

1.                  Investasi Jangka Pendek

Jenis investasi jangka pendek biasanya berlangsung selama kurang dari satu tahun dan maksimal sampai tiga tahun saja. Dana yang dicadangkan untuk investasi jangka pendek biasanya akan digunakan dalam waktu dekat juga, seperti rencana pernikahan, atau dana cadangan untuk kesehatan.

Sehingga untuk jenis investasi yang disarankan berupa instrumen yang memiliki risiko rendah, artinya memiliki nilai fluktuasi yang stabil, nilai likuiditas yang tinggi agar kamu bisa lebih mudah mengkonversikannya dalam bentuk cash. Keuntungan lainnya, investasi kamu akan menghasilkan pendapatan tetap. Contohnya antara lain : deposito, reksadana pasar uang, dan surat utang negara jangka pendek.

2.                  Investasi Jangka Menengah

Tujuan investasi untuk keamanan finansial selama 3 sampai 10 tahun merupakan jenis investasi jangka menengah. Salah satu contoh peruntukan investasi jangka menengah biasanya berupa dana yang dicadangkan untuk biaya pendidikan anak. Biaya ini tidak dapat dihindari, bahkan semakin lama nilainya akan terus meningkat. Sehingga perlu direncanakan dengan baik sejak dini.

Risiko dari instrumen yang dipilih pun bisa sedikit lebih tinggi dari deposito, reksadana pasar uang, atau surat utang negara. Maka dengan cara ini, harapannya kamu akan mendapatkan imbal hasil yang lebih tinggi. Kamu disarankan untuk memilih instrumen seperti reksadana pendapatan tetap (obligasi), obligasi swasta atau reksadana campuran.

 

3.                  Investasi Jangka Panjang

Ketika kamu merencanakan investasi untuk tujuan lebih dari 10 tahun, maka bisa dikatakan jika jenis investasi ini termasuk dalam jangka panjang. Contoh untuk jenis investasi jangka panjang, antara lain : dana pensiun dan kepemilikan rumah.

Pemilihan instrumen jangka panjang bisa lebih fleksibel jika dibandingkan dua jenis investasi lainnya. Kamu bisa memilih instrumen dengan risiko rendah, moderat, tinggi, maupun jenis instrumen yang tidak dapat dikonversi dengan cepat, seperti : logam mulia, reksadana saham, saham dan properti.

https://www.smf-indonesia.co.id/
 

Persiapkan Masa Depan dengan Investasi yang Aman dan Cuan

Setelah mengetahui jenis investasi, maka kamu perlu melakukan riset lebih dulu sebelum memutuskan untuk memilih salah satu instrumennya. Terutama untuk investasi jangka panjang, kamu tentu tidak akan membiarkan dana yang sudah dicadangkan selama bertahun-tahun tidak memberikan hasil sesuai harapan.

Misalnya untuk kepemilikan rumah, kamu tentu akan melibatkan uang yang tidak sedikit. Untuk mencapai tujuan tersebut, kamu bisa memilih pembiayaan yang memiliki fokus serta optimis untuk meningkatkan finansial di masa depan. Seperti visi dan misi yang diusung oleh PT. Sarana Multigriya Finansial Persero atau disebut dengan SMF.

Berdasarkan informasi yang terdapat dalam akun instagram @inveseries, kamu tidak hanya akan mendapatkan keamanan saja. Dana yang kamu investasikan juga akan memiliki peluang untuk cuan. Pasalnya, SMF memiliki komitmen untuk terus mengembangkan Pasar Pembiayaan Perumahan di Indonesia.

Kepemilikan Rumah/ Perumahan Bukanlah Hambatan

PT. Sarana Multigriya Finansial Persero memiliki visi, “Menjadi salah satu entitas utama dalam ekosistem pembiayaan perumahan yang mendukung penyediaan, kepemilikan dan keterhunian rumah yang layak dan terjangkau bagi seluruh keluarga Indonesia.”

Melansir dari akun instagram @inveseries, pembiayaan kepemilikan rumah akan dilakukan secara menyeluruh. Tidak sebatas untuk masyarakat dengan penghasilan tinggi saja, SMF memiliki fokus untuk membangun dan mengembangkan pasar pembiayaan rumah secara menyeluruh. Sehingga untuk masyarakat dengan penghasilan rendah juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan rumah dari SMF.

APBN Mempunyai Alokasi Khusus untuk KPR

Upaya pemerintah dalam memaksimalkan alokasi APBN untuk mendukung kepemilikan rumah untuk seluruh lapisan masyarakat Indonesia dalam bentuk KPR Subsidi. Dana tersebut berasal dari APBN yang digunakan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia. Terkait dengan informasi tersebut, kamu bisa mulai membuka akun instagram @inveseries.

PT. Sarana Multigriya Finansial Persero yang berperan sebagai Special Mission Vehicle Kementerian Keuangan, memiliki peran penting sebagai  fiscal tools Kementerian Keuangan untuk meringankan beban fiskal Pemerintah.

Sehingga SMF membiayai sebesar 25% pendanaan Kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR FLPP), dan Pemerintah hanya menyiapkan 75% dari total pendanaan FLPP yang semula sebesar 90%. Program tersebut dijalankan Perseroan yang bersinergi dengan BP Tapera dalam menyediakan dana KPR FLPP untuk kemudian disalurkan kepada masyarakat melalui Bank-bank Penyalur.

EBA Ritel, Pasive Income Masa Kini yang #AmanNyamanCuan

Efek Beragun Aset – Surat Partisipasi (EBA-SP) Ritel adalah bentuk produk dari proses sekuritisasi, sesuai namanya merupakan efek (surat utang) yang memiliki agunan/jaminan/underlying dan diperdagangkan kepada investor ritel. Informasi yang terkait dengan EBA Ritel juga bisa kamu dapatkan dengan membuka akun media sosial @inveseries.

Produk EBA Ritel mulai dijual pada investor sejak akhir tahun 2018. Sekarang ini, SMF menjadi satu-satunya penerbit EBA-SP yang diatur dalam peraturan OJK Nomor 23/POJK.4/2014 dengan total penerbitan sejak 2009 sebesar Rp 12,78 Triliun yang memiliki rating idAAA. Artinya, EBA Ritel memiliki rating terbaik yang ada pada instrumen investasi. EBA-SP akan di-rating setiap tahun, meski sedang masa pandemi masih bisa mempertahankan AAA. Besaran kuponnya masih diatas deposito, sehingga EBA Ritel menjadi pilihan tepat untuk investasi yang aman dan menguntungkan bagi investor.

Adapun karakteristik yang dimiliki EBA Ritel, antara lain :

1.      Memiliki bunga per tahun melebihi Deposito (8,75%)

2.      Tingkat keamanan tinggi serta mendapat rating AAA oleh Pefindo

3.      Investasi bisa dimulai dengan Rp 100.000

4.      Dana likuid serta bisa diperjualbelikan kapan saja

5.      Membantu cashflow keuangan sebagai akibat adanya pembayaran pokok dan bunga setiap 3 bulan

Kebutuhan dana yang tidak sedikit untuk kepemilikan rumah, membuat Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) memberikan masa angsuran yang cukup panjang. Sedangkan perbankan hanya menyediakan sumber dana yang umumnya hanya memiliki jangwa waktu pendek, seperti tabungan, giro, deposito, dan sebagain dari obligasi. Untuk itu PT. Sarana Multigriya Finansial Persero memberikan berbagai kemudahan untuk mendukung program pemerintah tersebut. Informasi terkait dengan SMF bisa kamu dapatkan melalui laman resmi https://www.smf-indonesia.co.d/, instagram @inveseries dan @ptsmfpersero. Nah, tunggu apa lagi? Segeralah untuk berinvestasi #AmanNyamanCuan.

***


 

No comments:

Post a Comment

Tips Bisnis ala Kylie Jenner

https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-yang-duduk-di-samping-meja-saat-menggunakan-ipad-2265482/ Siapa yang tak kenal dengan artis Hol...