Sunday, 11 September 2022

Menjadi #NasabahBijak BRI, Lindungi Diri dari Kejahatan Siber dengan Memanfaatkan Penyuluh Digital

ttps://bri.co.id/brimo 

Sumber foto : Pexels. Penggunaan BRImo mempermudah segala aktivitas perbankan.

Proses digitalisasi merupakan sebagai bentuk peningkatan akan pemanfaatan dari teknologi yang berbasis digital untuk digunakan pada setiap aspek kehidupan, termasuk bidang perbankan. Perubahan sistem ini dilakukan agar masyarakat atau Nasabah Bijak bisa dengan mudah dan cepat mendapatkan informasi melalui akses internet.

Tidak terkecuali dengan produk perbankan, salah satunya BRI yang meluncurkan BRI Mobile atau sering disebut dengan BRImo. Sebagai aplikasi keuangan digital Bank BRI terbaru, BRImo merupakan aplikasi yang berbasis data internet untuk memberikan kemudahan bagi nasabah maupun non nasabah BRI.

Saya sendiri sebagai penulis sekaligus pelaku bisnis online sangat dimudahkan dengan adanya aplikasi BRImo. Tidak hanya digunakan untuk melakukan pengecekan transaksi jual beli, aplikasi BRImo juga saya gunakan untuk melakukan berbagai jenis pembayaran seperti : pembayaran listrik, gopay, pembelian kuota, melakukan pembelanjaan online via marketplace dan lainnya.

Awalnya, saya sempat menggunakan Internet Banking BRI untuk mempermudah berbagai transaksi. Seiring dengan perkembangan produk, peluncuran BRImo memberikan lebih banyak kemudahan dengan fiturnya yang lebih lengkap. Sehingga saya memutuskan untuk beralih ke aplikasi BRImo dengan bantuan customer service.


 Sumber foto : Dokumen Pribadi. Semakin banyak nasabah yang menggunakan aplikasi BRImo sehingga bisa mengurangi antrean panjang.

Tinggal di kota kecamatan kecil seperti Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen tidak banyak kantor cabang atau kantor unit perbankan yang tersedia untuk membantu laju perekonomian daerah. BRI sebagai satu-satunya kantor unit yang membantu masyarakat sekitar untuk mengembangkan bisnisnya yang masih dalam skala menengah ke bawah, terutama bisnis yang berbasis online.

Semakin banyaknya transaksi perbankan yang harus dilakukan melalui BRI, saya bisa mengakses produk BRImo kapan dan dimana saja selama bisa mendapatkan akses internet dengan baik. Adapun beberapa fasilitas BRI Mobile Banking yang disediakan BRI dengan User Interface dan User Experience terbaru, antara lain :

1.           Fitur login face recognition,

2.           Login fingerprint,

3.           Top up gopay,

4.           Pembayaran QR dan

5.           Fitur-fitur menarik lainnya, dengan pilihan Source of Fund/ sumber dana setiap transaksi dapat menggunakan rekening Giro/ Tabungan.

Pengembangan aplikasi BRI Mobile Banking versi terbaru digunakan untuk mempersiapkan business model baru di masa depan. Ada beberapa manfaat yang didapatkan nasabah dengan menggunakan BRImo. Pergeseran nasabah yang sebelumnya melakukan transaksi melalui unit kerja BRI, kemudian shifting ke ATM dan SMS Banking. Harapan ke depan, seluruh nasabah bisa melakukan transaksi dengan menggunakan BRImo.

Demi memberikan kemudahan pada para nasabah, pihak BRI memberikan cara daftar dan aktivasi yang sangat mudah dengan langsung bisa digunakan pada aplikasi BRImo. Para nasabah bisa menggunakan aplikasi BRImo dengan mengunduh lebih dulu di Google Paly Store atau App Store.

Tidak hanya sebagai pendukung pelaku bisnis kecil yang ada di daerah, BRI juga menjadi pendukung bisnis dengan skala besar di perkotaan. Sebagai aplikasi yang mendukung kelancaran ekonomi, BRImo terbaru memiliki beberapa keunggulan, yaitu :

1.       Redesign UI/ UX Brimo

Tujuannya untuk memberikan penyegaran tampilan dan experience baru dengan mengedepankan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi.

2.       Kelengkapan Fitur

Aplikasi BRImo melakukan penyempurnaan fitur mulai dari seluruh channel yang ada di ATM, Internet Banking BRI Web, SMS Banking dan Internet Banking BRI Mobile. Selain itu, BRImo juga akan memperluas kerja sama dengan biller-biller agregator untuk menjawab kebutuhan nasabah dalam melakukan transaksi melalui BRI.

3.       Buka Rekening (Digital Saving)

Ada keunggulan lain yang diberikan untuk calon nasabah BRI, yaitu kemudahan dalam membuka rekening yang bisa dilakukan melalui aplikasi BRI Mobile. Calon nasabah bisa meng-upload data diri serta mengirimkan video sebagai bentuk Know Your Customer (KYC) dalam pembentukan rekening. Nasabah juga akan teregistrasi BRImo dengan fasilitas finansial dengan membuka rekening melalui BRImo.

4.       Registrasi Internet Banking

Baik nasabah baru, maupun nasabah eksiting yang belum teregistrasi internet banking BRI dapat melakukan registrasi internet banking dengan menggunakan fasilitas financial melalui aplikasi BRImo. Registrasi internet banking tersebut cukup dilakukan melalui aplikasi BRImo tanpa harus ke unit kerja BRI.

5.       Personal Financial Management (PFM)

Fitur Personal Financial Management (PFM) bisa digunakan untuk membantu nasabah dalam memberikan informasi jumlah pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan selama melakukan transaksi menggunakan channel BRI.

6.       Menyediakan berbagai fitur yang bisa digunakan nasabah BRI untuk memperlancar aktivitas sehari-hari

Fitur fast menu digunakan untuk memberikan kemudahan pada para pengguna yang sudah nyaman dengan Mobile Banking berbasis SMS. Fitur tersebut juga dilengkapi dengan adanya quick balance dimana nasabah dapat mengetahui saldo rekening utama dengan cara singkat.

Sumber foto : Dokumen Pribadi. Berkurangnya antrean, pelayanan nasabah menjadi lebih maksimal.

Sayangnya, pesatnya perkembangan teknologi sering dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Berbagai modus penipuan marak terjadi, sehingga para nasabah merasa sangat dirugikan. Tidak hanya melalui broadcast messanger, modus penipuan kini sudah tertuju pada perseorangan.  

Saya sendiri pernah mendapatkan telepon dari orang yang tidak dikenal yang mengatakan jika suami mengalami kecelakaan dan harus segera mendapatkan bantuan medis. Saya diminta mentransfer sejumlah uang pada penelepon. Tentu saja, saya tidak mempercayainya, karena suami sudah meninggal dunia.

Pengalaman berikutnya, saat ada salah satu calon customer yang melakukan pemesanan sejumlah barang dengan nominal cukup besar. Customer mengaku jika sudah melakukan transfer , namun dengan jumlah nominal yang lebih banyak.

Saya diminta untuk mengembalikan selisih uang dari jumlah transfer dengan besarnya pembelanjaan. Kali ini pun, saya melakukan antisipasi dengan melakukan pengecekan lebih dulu transaksi keuangan dengan menggunakan aplikasi BRImo.

Era digitalisasi membuat para pengguna fasilitas perbankan untuk menjadi Nasabah Bijak. Tidak hanya menikmati sejumlah fasilitas kemudahan yan disuguhkan oleh BRI. Pengguna juga harus bisa melakukan sejumlah antisipasi agar tidak mudah dimanfaatkan para oknum yang tidak bertanggung jawab.

Harapannya, pengetahuan seperti ini tidak hanya disimpan sendiri. Namun, juga bisa disebarluaskan pada nasabah lainnya. Sehingga tidak ada korban-korban berikutnya yang merasa dirugikan dengan adanya penipuan yang mengatasnamakan BRI.

Digitalisasi memang memberikan banyak kemudahan bagi nasabah, bukan berarti karyawan BRI akan mengalami pengurangan. Pihak BRI akan mengalihkan tugas para karyawan untuk terjun langsung ke masyarakat sebagai Penyuluh Digital.

Sejumlah layanan digital yang disiapkan BRI, antara lain digital banking BRImo, aplikasi pengajuan fasilitas dan layanan kredit BRISPOT, laku pandai Agen BRILink hingga aplikasi BRIAPI yang memungkinkan terintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga.

Kelengkapan layanan digital BRI perlu diimbangi dengan kesiapan masyarakat atau nasaba yang lebih melek digital, khususnya saat menggunakan layanan perbankan. Keberadaan Penyuluh Digital diharapkan mampu memberikan edukasi digitalisasi layanan perbankan. Sehingga nasabah tidak perlu mengantre di teller atau customer service dan bisa melakukan layanan secara mandiri dimana pun berada.

Sepanjang taun 2021, jumlah transaksi yang menggunakan aplikasi BRImo melesat tajam. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, pada 2020, jumlah volume transaksi melalui BRImo tumbuh sebesar 581,1 persen.

Hingga akhir 2021, pengguna aplikasi BRImo sudah mencapai 14,2 juta pengguna, tumbuh 56,4 persen dibandingkan tahun 2020 yang mencapai 9,1 juta pengguna. Sedangkan jumlah transaksi meningkat hingga 66,2 persen year on year/ yoy dari 766 juta transaksi pada tahun 2020 menjadi 1,27 miliar transaksi pada tahun 2021.

BRI melakukan sejumlah antisipasi untuk melindungi nasabah dari risiko kejahatan siber yang semakin beragam. BRI telah menggunakan AI (Artificial Intelligence) yang digunakan untuk memahami pola fraud dan threat yang terjadi. Sehingga BRI bisa memberikan tindakan preventif serta memberikan respon cepat dan tepat untuk menghadapi risiko-risiko kejahatan siber. Hal ini dilakukan sebagai upaya agar tidak terjadi pencurian data yang bisa merugikan banyak pihak.


 Sumber foto : Dokumen Pribadi. Nasabah Bijak harus tetap waspada saat menggunakan kartu ATM/ debit.

Bentuk kejahatan siber bisa menyasar pada siapa saja. Pada umumnya, korbannya adalah orang-orang yang belum aware tentang bentuk kejahatan siber. Ada beberapa bentuk kejahatan siber yang perlu dikenali dalam kejahatan perbankan, antara lain :

1.       Card Skimming

Card skimming merupakan tindakan pencurian data pada kartu ATM/debit dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetis secara ilegal. Untuk melakukan kejahatan jenis ini, pelaku juga akan berusaha mendapatkan PIN kartu ATM/debit dengan mengintip tombol pada saat bertransaksi di mesin ATM/alat EDC. Sehingga sangat disarankan nasabah perlu lebih berhati-hati dalam setiap kali melalukan transaksi.

2.       Phising

Phising merupakan salah satu kejahatan siber yang marak beredar. Biasanya pelaku meminta pengguna komputer untuk mengungkapkan informasi rahasia dengan cara mengirimkan pesan penting palsu. Pelaku bisa menggunakan email, website, atau komunikasi elektronik lainnya untuk mengirim pesan palsunya.

3.       Carding

Jenis kejahatan siber berikutnya, yaitu carding, dimana terjadi aktivitas belanja secara online dengan menggunakan data kartu debit atau kredit yang diperoleh secara ilegal.

Nasabah Bijak harus lebih berhati-hati untuk menghadapi berbagai jenis kejahatan tersebut. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai Nasabah Bijak agar terhindar dari kejahatan siber, antara lain :

1.       Jangan membagikan data pribadi

Kerahasiaan data pribadi perlu dijaga dengan tidak membagikan PIN, CVV, nomor kartu, masa berlaku, dan sebagainya pada siapapun. Pembuatan PIN sebaiknya bukan dari nomor yang mudah ditebak, seperti tanggal lahir atau nomor depan/ belakang telepon. Ada baiknya Nasabah Bijak selalu mengganti PIN secara berkala.

2.       Selalu waspada dalam melakukan transaksi digital

Tidak ada salahnya untuk terus waspada ketika sedang melakukan transaksi di mesin ATM, mesin EDC, maupun e-commerce. Perlu dipastikan tidak ada yang melihat saat menekan tombol kode PIN pada mesin ATM maupun mesin EDC.

Nasabah Bijak bisa melakukan antisipasi dengan memasukkan kartu ATM sekali lagi dengan nomor PIN yang salah setelah melakukan transaksi di mesin ATM. Hal ini perlu dilakukan agar nomor PIN yang benar tidak terdeteksi oleh pelaku kejahatan.

3.       Tingkatkan pengamanan kartu

Nasabah Bijak bisa melakukan pengamanan kartu dengan menggunakan One Time Password (OTP) yang dikirim melalui SMS pada nasabah pemegang kartu setiap kali melakukan persetujuan transaksi keuangan.

4.       Adukan transaksi yang mencurigakan

Tidak perlu panik, jika mendapati pesan transaksi atau notifikasi yang mencurigakan melalui SMS atau email dari pihak yang mencurigakan. Nasabah Bijak tidak perlu langsung memproses dengan membuka tautan yang dikirimkan atau membalas dengan informasi kartu. Nasabah Bijak bisa menghubungi call center bank terkait dengan kebenaran informasi tersebut.

Sumber foto : Pexels

Saya mengakui, setelah menggunakan BRImo menjadi lebih aktif membaca informasi yang terdapat dalam fitur-fitur BRImo. Salah satunya terkait dengan berbagai antisipasi terhadap kejahatan siber. Setidaknya akan menjadi lebih paham tentang langkah yang harus dilakukan jika mengalami hal serupa, antara lain mencatat nomor contact BRI atau akun media sosial resmi BRI yang dicantumkan pada salah satu fitur BRImo.

Nasabah Bijak juga bisa menerapkan beberapa tips di atas sebagai antisipasi terhadap kejahatan siber yang marak terjadi. Untuk sebagian orang, layanan digital yang ditawarkan bank memang tidak memberikan kenyamanan.

Walaupun bukan termasuk orang yang gagap teknologi, sebagian Nasabah Bijak merasa perlu ditemani setiap kali melakukan transaksi digital dengan alasan menghindari kesalahan. Untungnya, pihak BRI sangat sigap dalam menghadapi masalah tersebut dengan menghadirkan Penyuluh Digital.

***

 

 

25 comments:

  1. Setelah menggunakan BRImo, memang jadi lebih mudah ya Mak. Jadi gak perlu sering keluar rumah untuk keperluan transaksi keuangan. Semoga kita selalu terhindar dari kejahatan Cyber.

    ReplyDelete
  2. Langkah-langkah untuk menjadi nasabah bijak ini sebetulnya sudah ada, jelas, dan jitu ya mbak. Tinggal dipraktekkan. Waspada itu bagus, walau bagi sebagian orang kadang dianggap lebay. Gpp dibilang lebay dari pada rugi dan menyesal kemudian :D

    ReplyDelete
  3. setuju banget, layanan perbankan digital memang sangat memudahkan. Di sisi lain, kita dibayangi risiko kejahatan siber. jadi memang pentingg banget utk upgrade pengetahuan seputar perbankan dan kejahatan siber supaya tidak mudah menjadi korban penipuan.

    ReplyDelete
  4. Dengan makin berkembangnya digitalisasi perbankan, nasabah yang jauh tempat tinggalnya di desa tetep bisa mengakses layanan yang dibutuhkan. Cuma ya harus paham banget dengan keamanan rekening kita, karena makin banyak modus penipuan versi dunia maya. Jangan sampai klik link yang dibagikan di sosial media mana pun, ngeri ini bisa melayang duit tabungan kita

    ReplyDelete
  5. Untunglah di era digital - bisa cek cek BRI online sehingga terhindar dari penipuan ... nauzubillah

    ReplyDelete
  6. Phising juga rame banget. Pokoknya hati2 kalau kita suruh kirim kode OTp atau dapet pesan ngga masuk akal berbau angin surga. Soalnya kejahatan siber lagi marak dan sebagai nasabah bikah kita harus cerdas biar ngga mudah tertipu.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Emang ada aja orang yang "kreatif" mencari celah dalam kemajuan teknologi untuk melakukan kejahatan ya. Jadi memang sebagai nasabah, kita mesti waspada kalau ada telpon ataupun wa mengatasnamakan bank.

    ReplyDelete
  9. Menjadi 'nasabah bijak' harus sering disosialisasikan kepada masyarakat. Semakin marak kejahatan siber di mana-mana. Teknologi canggih dimanfaatkan untuk merugikan orang lain itu duuuh, miris sekali kan :( Senangnya BRI turut melaksanakan tindakan preventif untuk menanggulangi masalah ini.

    ReplyDelete
  10. Jadi aplikasi ini sangat membantu buat nasabah BRI ya mbak?
    Bener banget sekarang kejahatan yang mengatasnamakan bank makin banyak, pokoknya kudu jeli kalau menerima penawaran2 supaya enggak tertipu ya mbak. TFS.

    ReplyDelete
  11. Tak mudah membagikan data pribadi ini yang harus kita terus menerus sosialisasikan ya mba. Penting untuk selalu lindungi diri ya mba biar nggak kena kejahatan siber

    ReplyDelete
  12. Wajib bgt jadi nasabah yg bijak dam cerdas ya.
    Jangan sampe jd korban penipuan

    semangaaatt

    ReplyDelete
  13. Iya khawatir banget ya dengan kejahatan siber apalagi yang berhubungan dengan keamanan rekening kita di bank, semoga BRI makin sigap meningkatkan keamanan fitur perbankan ya dan nasabah juga lebih waspada untuk menjaga keamanan data rekeningnya jangan asal klik link yang kita dapatkan

    ReplyDelete
  14. Wajib banget deh hari gini mah ya jadi nasabah bijak. Soalnya memang orang-orang makin nekad, ada aja celah buat mereka untuk menipu kita. Tapi dengan jadi nasabah bijak, apa pun cara yang dilakukan penipu, pasti gak akan mempan ya. Semoga deh, dengan gencarnya gerakan ini, kita semua bisa jadi nasabah bijak.

    ReplyDelete
  15. Aku juga nasabah BRI dan menggunakan BRImo, hanya saja kurang aktif karena hanya aku gunakan untuk simpenan sedikit-sedikit.
    Sedih banget yaa.. kalau sampai terkena kejahatan siber ini.

    Penting sekali menjadi nasabah bijak dengan selalu cek dan ricek akan informasi yang diperoleh. Tidak reaktif dan tidak dengan mudah menyebarkan data pribadi.

    Informasi yang bagus sekali, kak...

    ReplyDelete
  16. Semakin canggih, si penipu juga tetep aja.menemukan celah dalam penipuannya. Sebel rasanya kalau ada teman/keluarga terdekat kena.tipu. (gusti yeni)

    ReplyDelete
  17. sebagai nasabah kita memang harus waspada ya mak. Jangan sampai tergoda dengan iming2-an scaming. Harus bisa berpikir tenang

    ReplyDelete
  18. BRI nih emang nasabahnya banyak banget dan beragam latar belakang, ya. Soalnya BRI menjangkau pelosok-pelosok desa juga. Jadi ini jadi sasaran empuk kejahatan siber. Perlu banget disosialisasikan ke lebih banyak orang, terutama nasabah2 yang dari desa dan udah tua-tua gitu. Kasihan kalau kena tipu :(

    ReplyDelete
  19. alhamdulillah BRI meluncurkan BRIMO ya mbak, sehingga nasabah mendapatkan edukasi literasi digital dan lebih aman dari penipuan lewat siber.

    ReplyDelete
  20. aku dulu juga pernah mbak ceritanya adikku mau jual akun gamenya trus ada yang mau beli dan diminta transfer ke rekeningku. trus sama si penipu dikirimin bukti transfer pas kucek nggak ada uang masuk. untung waktu itu akunnya belum dilepas adikku jadi akhirnya transaksinya gagal deh

    ReplyDelete
  21. Saya baru beberapa bulan ini menggunakan BRImo. Alhamdulillah memudahkan banget. Dengan BRImo memungkinkan juga kita tarik tunai di atm tanpa kartu. Keren banget!

    ReplyDelete
  22. Aplikasi BRImo ini sangat membantu nasabah dalam bertransaksi ya. Semua jadi praktis dan gak perlu antre panjang di teller atau customer servise.
    Sekarang urusan perbankan jadi mudah dan nyaman.

    ReplyDelete
  23. Brimo lengkap ya. Nasabah jadi makin mudah bertranksi perbankan. Bener banget tetap waspada karena kejahatan siber dimana mana

    ReplyDelete
  24. Semakin banyak kita menggunakan teknologi digital, harus makin aware dengan upaya melindungi data-data pribadi kita, terutama akun perbankan. Ngeri deh kalau melihat betapa teganya orang menipu di sektor perbankan ini, kesian banget yang jadi korbannya.

    ReplyDelete
  25. Bagus kalau BRI mau memperbaiki diri dan meningkatkan keamanan. Sekarang marak sekali penipuan modus phising dan banyak korbannya. Termasuk nasabah bank negara Indonesia

    ReplyDelete

Langkah Baru PT. Gaya Makmur Mobil (Distributor Tunggal FAW Truck), Peluncuran Euro 5 di Indonesia Sekaligus Kesiapan Menyambut Standarisasi Euro 6

Sumber foto : Fanpage @fawindonesia   Sebagai distributor tunggal First Automobile Works (FAW), PT. Gaya Makmur Mobil (GMM) mengambil lan...