Thursday, 22 September 2022

Langkah Baru PT. Gaya Makmur Mobil (Distributor Tunggal FAW Truck), Peluncuran Euro 5 di Indonesia Sekaligus Kesiapan Menyambut Standarisasi Euro 6

GMM

Sumber foto : Fanpage @fawindonesia

 

Sebagai distributor tunggal First Automobile Works (FAW), PT. Gaya Makmur Mobil (GMM) mengambil langkah baru dengan meluncurkan FAW Truck yang teknologi Euro 5 di Indonesia.

Belum lama ini, PT. GMM memperkenalkan kendaraan niaga baru dalam ajang Mining Indonesia 2022 yang dilaksanakan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta pada tanggal 14-17 September 2022.

Langkah baru yang diambil PT. GMM lebih maju jika dibandingkan emisi kendaraan yang saat ini ada di Indonesia. Padahal ketentuan emisi yang berlaku sejak bulan April 2022 tersebut menetapkan bahwa standar emisi kendaraan yang ada di Indonesia adalah Euro 4.

Sumber foto : Fanpage @fawindonesia
 

Spesifikasi FAW Truck Berteknologi Euro 5

Ketentuan terkait emisi tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI No. P.20/MENLHK/SETJEN-KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M (Kendaraan Angkutan Orang), Kategori N (Kendaraan Angkutan Barang), dan Kategori O (Kendaraan Penarik Gandengan).

Berdasarkan ketentuan tersebut, PT. GMM telah memastikan jika truk dengan merek yang dijual di Indonesia telah memenuhi syarat, bahkan lebih baik dari standar emisi yang telah ditetapkan pemerintah. Apabila pemerintah menaikkan standar emisi dari Euro 4 ke Euro 5, maka produk tersebut tetap memenuhi regulasi yang telah ditetapkan pemerintah.

Produk yang dikeluarkan PT. GMM adalah heavy duty jenis tractor head dengan tipe FD460TH bertenaga 460 daya kuda buatan FAW. FD460TH memiliki spesifikasi commonrail Euro 5 yang sudah dua tahun diujicoba oleh sejumlah perusahaan operator tambang yang ada di Sumatera dan Kalimantan dengan menggunakan bahan bakar Biosolar.

Truk FD460TH Euro 5 bisa digunakan di dua medan, yaitu jalan raya seperti yang ada di Medan, Sumatera dan medan offroad di tambang Kalimantan untuk hauling batubara. Kendaraan tersebut dilengkapi dengan kabin tipe JH6 High Floor dan High Row serta High  Roof, dilengkapi 2 tempat tidur jenis Sleeper High Roof yang bisa digunakan awak truk untuk beristirahat. Selain itu, juga telah dilengkapi suspensi udara 4 point full floating.

Sedangkan mesin yang dipasang merupakan model CADM2-46E51 enam silinder in-line yang berkapasitas 11.040 cc dengan tenaga maksimum 460 horse power pada 1.900 rpm dan torsi maksimum 2.200 Nm pada 1000 sampai 1400 rpm.

Mesin tersebut telah dikombinasikan dengan transmisi tipe C12JSDQXL24T 12 speed maju. Sistem pengeremannya pun sudah full air brake dengan ABS. Gross Combination Weight (GCW) truk mencapai 100 ton dengan kapasitas bahan bakar mencapai 400 liter.

Direktur Utama GMM Frankie Makaminang dalam arena pameran Mining Info 2022 di Kemayoran, Jakarta, pada hari Sabtu tanggal 17 September 2022 mengatakan, “Produk ini memang baru dilaunching pada tahun ini, tapi sejak 2 tahun lalu sudah dioperasikan oleh customer kita di Sumatera dan Kalimantan dengan BBM Biosolar.”

Mengingat spesifikasi pembuatan FD460TH yang dikhususkan untuk menguasai medan yang ada di luar Pulau Jawa, truk FAW jenis tersebut akan lebih mudah ditemui di Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan dibandingkan Pulau Jawa.

Begitu juga dengan saya, bisa dibilang hampir tidak pernah melihat truk berukuran besar dengan spesifikasi di atas kecuali sedang berada di jalur provonsi. Selain karena peruntukan, bisa keberadaan truk tersebut di tengah pemukiman juga akan mengganggu kalancaran lalu lintas kota.

Produk Truck FAW Euro 5 di Indonesia

Selama berdiri di Indonesia sejak taun 2009, PT. GMM telah memasarkan 4 jenis mobil truk FAW di Indonesia, yaitu Dump Truck, Tractor Head, Mixer Truck, serta Cargo Truck yang semuanya berstandar Euro 5.

Harga produk yang dijual PT. GMM relatif lebih murah dengan spesifikasi serta kualitas yan lebi baik dari standar yang telah ditetapkan pemerintah. Terbukti dengan banyaknya truk FAW yang digunakan industri besar di seluruh Indonesia.


 Sumber foto : www.fawindonesia.com

Dump Truck

Dump Truck FAW yang dipasarkan PT. GMM memiliki beberapa varian 4x4, 6x4, dan 8x4 yang memiliki torsi mesin besar dan konsumsi bahan bakar yang efisien. Penggunaan dump truck bisa untuk bisnis truk tambang, truk pasir, hingga truk besar dengan bawaan berat seperti batu kali, tanah urukan dan lainnya. Sedangkan Dump Truck FAW berstandar Euro 5 yang dipasarkan oleh GMM adalah jenis Dump Truck FD290DT 6x4 (Euro 5).

Tractor Head

Tractor Head hanya berbentuk kepala saja yang digunakan untuk menarik trailer, flat deck, wing box dan lainnya, sehingga truk jenis ini tergolong besar. Konfigurasi tractor head yang dipasarkan GMM meliputi 4x2 dan 6x4 yang bisa digunakan untuk membawa trailer dalam industri, seperti : ekspedisi, mining, kontainer hingga heavy duty transport.

Ada 4 truk tractor head dengan standar Euro 5 yang dihadirkan GMM, yaitu :

·         FAW Tractor Head FD290TH 6x4 (Euro 5)

·         FAW Tractor Head FD550TH 6x4 (Euro 5)

·         FAW Tractor Head FD460TH 6x4 (Euro 5)

·         FAW Tractor Head FD290TH 4x2 (Euro 5)

Mixer Truck

Mixer Truck sering disebut dengan Truk Molen, merek FAW disediakan dengan konfigurasi 4x2 dan 4x6. Mixer truck jenis ini dirancang khusus agar mampu bermanufer dengan baik dalam berbagai jenis jalanan hingga pelosok pedesaan. Salah satu contohnya FAW Mixer Truck FD290MT 6x4 Euro 5.

Cargo Truck

Sesuai dengan namanya, Cargo Truckdigunakan sebagai alat transportasi barang jarak jauh. Tersedia ke dalam berbagai jenis ukuran, mulai dari truk kecil hingga truk besar dengan ukuran 20 feet dan 40 feet. Truk cargo yang disediakan GMM memiliki konfigurasi 4x4, 6x2, 6x4, dan 8x4. Sedangkan truk cargo  yang berstandar Euro 5, antara lain : FAW Cargo Truck FD290CG 6x4 (Euro 5) dan Cargo Truck FB240CG 6x2 (Euro 5).

Apa yang disebut dengan standar Euro?

Standar Euro merupakan standarisasi kandungan gas buang dari mesin bahan bakar kendaraan yang digunakan di negara-negara Eropa. Fungsinya untuk menjaga kualitas udara agar tetap bersih yang tidak membahayakan lingkungan serta kesehatan manusia.

Negara-negara yang ada di Eropa memang sudah menerapkan Euro 5, bahkan untuk negara yang lebih ketat sudah menggunakan standar Euro 6. Walaupun demikian, standar Euro 4 masih diperbolehkan digunakan di Indonesia karena tingkat polusi udara belum separah di Eropa.

Perubahan standar dari Euro 3 ke Euro 4 berlaku sejak bulan April 2022, berupa pengurangan ambang batas emisi untuk PM, NOx dan CO pada kendaraan mesin diesel dan bensin. Sehingga pabrikan mesin diesel terbaru menambahkan filter partikel diesel (DPF), berfungsi menyerap 99 persen partikulat (PM).

Untuk standar Euro 5, ambang batas PM, HC+Nox dan CO lebih diperkecil lagi. Sehingga penggunaan particulate filter (DPF) akan menyerap lebih banyak particulate menjadi wajib pada semua mobil diesel.

Euro 6 memberikan syarat tingkat Nox jauh lebih kecil dari mesin diesel yang berkurang hingga 67 persen dari Euro 5. Sehingga mobil diesel sudah harus memiliki sistem Catalytic Selective Reduction (CSR), berupa cairan yang mengubah gas nitrogen oksida menjadi nitrogen dan uap air.

Beberapa truk Faw yang dipasarkan PT. GMM sudah menggunakan sistem CSR, menginjeksi cairan yang disebut dengan AdBlue. Dengan demikian, FAW sudah bersiap ke arah Euro 6 yang lebih bersih lagi.

Mengenal FAW Truck

First Automobile Works (FAW) Group Corporation didirikan pada tahun 1853, merupakan perusahaan asal Tiongkok yang bergerak dalam bidang otomotif. Sekarang ini, mayoritas sahamnya dimiliki Pemerintah China yang sebagian diperdagangkan kepada publik.

Perusahaan tersebut memiliki beberapa divisi yang memproduksi mobil penumpang, bus, dan truk dari ukuran ringan, medium  sampai kelas berat, berikut suku cadangnya.

FAW merupakan produsen mobil pertama di China yang memperkenalkan mobil pertamanya, Hong Qi pada tahun 1958. Produk tersebut mengalami perkembangan sehingga menjadi merek resmi kendaraan dinas Pemerintah China.

Sebagai salah satu produsen otomotif terbesar di China, FAW memproduksi sebanyak 3,5 unit per tahunnya. Pasar FAW menguasai lebih dari 20 persen pasar truk China, sekaligus terbesar untuk pasar Truk Medium hingga Heavy. 

Kelebihan Truck FAW dengan Teknologi Euro 5

PT. GMM memasarkan Truk FAW dengan standar Euro 5 sejak April 2022, bersamaan dengan diberlakukannya standar emisi Euro 4 oleh Pemerintah RI. Sehingga PT. GMM menjadi perusahaan pertama yang menghadirkan truk asal China yang berstandar Euro 5.

Beberapa kelebihan truk FAW dengan standar Euro 5 jika dibandingkan dengan truk dengan standar emisi sebelumnya, antara lain :

1.      Efisiensi bahan bakar bisa lebih baik

2.      Emisi gas buang yang ramah lingkungan

3.      Suara mesin yang lebih halus

4.      Minim getaran sehingga lebih nyaman

Selain itu, teknologi Euro 5 juga memiliki beberapa perangkat tambahan yang memiliki keunggulan sebagai berikut :

1.      Fuel Filter Water Separator, memiliki fungsi menyaring atau menyerap kotoran halus dan kandungan air pada bahan bakar yang tidak terserap oleh water separator. Penggunaan filter baru tersebut akan membuat mesin menjadi lebih aman serta memiliki getaran yang lebih halus.

2.      Teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR) dan AdBlue, berupa sistem SCR yang menyuntikkan cairan AdBlue pada aliran gas buang dari mesin, bertujuan untuk menghasilkan nitrogen dan uap air yang tidak berbahaya.

3.      Multi Information Display (MID), truk FAW berstandar Euro 5 telah dilengkapi dengan MID pada Meter Cluster, sehingga bisa memberikan informasi penting pada pengemudi saat sedang berkendara.

 

Sumber foto : www.fawindonesia.com

Mengenal PT. Gaya Makmur Mobil (GMM)

PT. Gaya Makmur Mobil (GMM) merupakan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) untuk FAW Truck di Indonesia. Merek FAW Truck telah dihadirkan PT. GMM ke Indonesia sejak tahun 2009.

GMM sendiri lebih dikenal dengan perusahaan yang menjual truk yang bergerak di sektor logistik, konstruksi, pertambangan, kehutanan, dan perkebunan. Selain menjual Truk FAW sebagai produk utama, PT. GMM juga menyediakan layanan purna jual untuk truk FAW, dan penjualan suku cadang. Selain itu, ada pula layanan pelatihan teknik dan mengemudi melalui jaringan di kota-kota besar di seluruh Indonesia.

PT. GMM memiliki kantor pusat yang beralamatkan di Jalan Lkr. Luar Barat No. 9 RT 14, RW 14 Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat. Customer Care juga bisa dihubungi melalui GMM Care 1500-329, website www.gmmobil.com serta WA 082299999329.

***

 

 

No comments:

Post a Comment

Langkah Baru PT. Gaya Makmur Mobil (Distributor Tunggal FAW Truck), Peluncuran Euro 5 di Indonesia Sekaligus Kesiapan Menyambut Standarisasi Euro 6

Sumber foto : Fanpage @fawindonesia   Sebagai distributor tunggal First Automobile Works (FAW), PT. Gaya Makmur Mobil (GMM) mengambil lan...