Tuesday, 12 July 2022

Tribelio, Dongkrak Pertumbuhan Bisnis Indonesia Berbasis Komunitas

Tribelio

 Sumber foto : www.tribelio.com

Tribelio adalah Platform Digital baru yang berbasis komunitas yang bertujuan untuk membantu pertumbuhan bisnis hingga 10x lipat. Rilis tanggal 9 November 2019, Tribelio memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha agar dapat berbincang lebih dekat dengan pelanggannya.

Mengenal Tribelio

Tribelio page, sebagai platform yang berbasis komunitas ini bisa membantu para content creator, brand atau pemilik bisnis untuk membuat komunitas yang lebih kuat dalam bentuk, sebagai berikut:

1.       Community Management

Sebagai pemimpin komunitas, Anda memiliki hak atas komunitas. Salah satunya untuk melihat lebih detil apa saja yang terjadi di dalam komunitas Anda.

2.       Communication

Anda bisa dengan mudah membagikan informasi atau content penting untuk anggota komunitas melalui wall, group chatt, broadcast via email serta push-notification. Kelebihan ini bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan reach serta memastikan komunitas tetap aktif dan saling terhubung dengan pelanggan.

3.       Shopping Experience

Sebagai tempat terbaik untuk menjual produk atau jasa sesuai yang dibutuhkan oleh anggota komunitas. Fasilitas ini memberikan kelebihan pada Anda untuk terbebas dari kompetitor dan terjadinya perang harga.

Cara Kerja Tribelio

Tribelio page adalah platform yang memiliki berbagai fitur dalam Tribe yang dapat membantu Anda untuk membangun komunitas yang kuat, saling membutuhkan dan saling terhubung antara pemilik, anggota dan sesama anggota komunitas.

Tribelio Denny Santoso

Sumber foto : dokumen pribadi

Seperti yang dijelaskan oleh CEO dan Founder Tribelio.com, Denny Santoso saat melakukan zoom meeting bersama Founder sekaligus CEO Inscript Creative, Indari Mastuti.

“Tujuan kami, untuk membantu para pelaku usaha di Indonesia agar lebih dekat dengan pelanggan yang diwujudkan dalam bentuk komunitas,” jelas Denny Santoso.

Dengan tagline, Make your followers closer, and your superfans even closer. Tribelio akan memaksimalkan interaksi antara pelaku usaha dengan anggota komunitas agar komunitas dan brand bisa lebih cepat berkembang.

Adapun fitur pendukung bagi para pelaku usaha untuk memberikan pelayanan lebih pada para pelanggan, antara lain:

1.       Broadcast

Fitur ini berfungsi untuk menyebarkan informasi atau content terbaru ke seluruh anggota atau anggota terpilih komunitas dalam satu waktu.

2.       Tribe Commerce

Anda bisa membuat toko sendiri dan menjual produk atau jasa sesuai dengan kebutuhan anggota komunitas tanpa bersaing dengan kompetitor lain.

3.       Analytic dan Database

Anda bisa memiliki database dari seluruh anggota komunitas dan analisis perkembangan Tribe Anda dengan Analytic Tool.

Pada kesempatan yang sama, Denny juga menjelaskan jika Tribelio akan selalu melakukan pengembangan dalam bentuk fitur untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya. Adapun salah satu fitur tersebut berupa Tribelio Shop. Fitur tersebut akan juga akan dilengkapi dengan jenis transaksi untuk penjualan secara secara pre order.

Tribelio dan Indscript Creative
Sumber foto : dokumen pribadi

Saat mendapatkan pertanyaan dari Indari Mastuti, terkait dengan fitur apa saja yang ada dalam Tribelio Shop, Denny menjelaskan jika nantinya akan ada fitur-fitur lengkap untuk mendukung penjualan pelaku bisnis, salah satunya dalam bentuk Instant Payment.

“Nanti akan ada Tribelio Shop, tapi masih dalam proses develop,” ujar Denny.

 Fitur berikutnya yang bisa digunakan untuk penjualan jasa secara terpisah, contohnya : fitur untuk mentor yang menjual kelasnya dengan harga yang berbeda. Selain dua fitur di atas masih ada fitu-fitur lain yang masih dalam proses pengembangan.

Tujuan utama Denny Santoso dalam membangun Tribelio adalah untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi para pelaku usaha di Indonesia yang tidak terbatas jangkauannya, baik untuk skala kecil, menengah maupun besar.

Untuk jenis usaha dengan penjualan berupa produk, Tribelio melengkapi fasilitasnya dengan fitur shipping atau pengiriman barang. Pelaku usaha hanya perlu mengisi data barang, seperti jenis, berat, volume, isi serta ukurannya.

Sedangkan untuk pelaku usaha jasa, Tribelio juga memberikan kemudahan bagi para content creator untuk membagikan informasi bermanfaat bagi para tribenya. Setelah Tribe menikmati informasi yang diberikan para kreator, kemudian bisa melakukan pembayaran dengan range angka dari yang terkecil Rp. 10 ribu sampai tak terhingga pada fitur yang telah disediakan.

Angka dengan range yang panjang, memudahkan bagi para tribe yang berada dalam skala rendah bisa ikut memberikan fee sebagai bentuk apresiasi terhadap karya yang telah dihasilkan kreator. Menurut Denny, semakin panjang range yang dipasang maka penghasilan kreator akan semakin banyak pula.

Ada yang perlu diketaui jika dalam pendapatan yang dihasilkan dari Tribelo akan dipotong administrasi sebesar 1-5 persen dari total penarikan penghasilan dalam Instant Payment, tidak berlaku kelipatan. Angka tersebut disesuaikan dengan jenis keanggotaan.

Saat ini Tribelio memiliki dua jenis keanggotaan, yaitu : gratis dan premium. Untuk keanggotaan gratis, Anda bisa membuat maksimal dua akun Tribelio secara gratis dan berlaku seumur hidup. Setiap penghasilan akan dipotong sebesar 5 persen dari sejumlah nominal yang ditarik dari saldo yang terkumpul dalam akun Tribelio.

Sedangkan untuk keanggotaan premium, Anda harus melakukan pembayaran Rp. 99 ribu per bulan. Keanggotaan premium tentu saja memiliki fitur yang lebih lengkap. Setiap minggu, Anda akan mendapatkan laporan transaksi yang akan dikirim melalui email.

Setelah mencoba untuk membuat akun Tribelio, saya cukup puas dengan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Cara pembuatannya pun cukup mudah, Anda tinggal mengikuti petunjuk yang muncul pada layar setiap kali selesai mengambil langkah pembuatan fitur.

Tribelio tidak hanya memberikan kemudahan dalam hal transaksi, tapi juga membantu saya untuk melakukan branding. Hanya dengan menggunakan kategori gratis, saya sudah cukup terbantu dalam membangun branding hanya dengan membagikan link dari halaman yang telah saya buat.

Rencananya jika traffict sudah semakin tinggi, saya juga ingin menaikkan fasilititas menjadi premium. Jangan lupa untuk mengunjungi laman saya, siapa tahu kita punya kesempatan untuk kerja sama mempromosikan usaha Anda.

***

22 comments:

  1. Baru tau Tribelio, boleh dicoba ini. Dengan berkembanganya teknologi saat ini, banyak penawaran yang menarik dalam hal penyedia layanan jual beli suatu produk.

    Semoga Tribelio banyak yang menggunakanannya.

    ReplyDelete
  2. Sekarang makin banyak platform konten kreator. Makin banyak saingan juga nih hehe

    ReplyDelete
  3. Wah pakai Tribelio bisa membantu branding juga ya. Mudah banget sepertinya dan fitur2nya memudahkan content creator juga. Wajib coba ini mah.

    ReplyDelete
  4. Wah baru tahu nih tentang Tribelio, jadi makin banyak platform untuk berkreasi dan berkomunitas nih buat para konten kreator. Jadi penasaran pengen ngintip2 deh

    ReplyDelete
  5. Tribelio membantu banget buat usaha apapun ya, fitur-fiturnya juga user friendly

    ReplyDelete
  6. Saya baru tau tribelio ini. Tadi coba klik laman mb gieska. Menarik ya tampilannya..

    ReplyDelete
  7. Cocok untuk para pelaku usaha. Dari keunggulannya mestinya menarik banyak peminat, semoga banyak yang menggunakan. Dan dengan berkomunitas semoga dapat meningkatkan omset usaha.

    ReplyDelete
  8. Tribellio udah terpercaya, beberapa klien aku sudah tak rekomenin untuk menaikan branding/omset disana, apalagi sekelas Denny Santoso yang memang pakarnya digital marketing. Aku beberapa kali ikutan workshopnya belio

    ReplyDelete
  9. Manteebb bener Tribelio ini.
    Ada bbrp tmnku pegiat UMKM kayaknya perlu aku info deh.
    Keren dan sarat faedah

    ReplyDelete
  10. Wah keren bener Tribelio ini..makasih sudah sharing Mba. Baru tahu saya.dan salut akan misi mulianya Tribelio , untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi para pelaku usaha di Indonesia yang tidak terbatas jangkauannya, baik untuk skala kecil, menengah maupun besar. Menarik untuk dicoba nih..

    ReplyDelete
  11. Untuk komunitas berbasis usaha sepertinya sejenis koperasi yang dikelola per area cocokya mbak

    Patform Digital baru dengan basis komunitas, dan bertujuan mulia untuk membantu pertumbuhan bisnis hingga 10x lipat!

    ReplyDelete
  12. Baru dengar soal Tribello. jadi dengan platform ini kita bisa bentuk kayak "fanpage komunitas" gitu kah mbak?
    Jadi yang punya kesamaan bisa sama2 ngumpul, bisa buat saling memasarkan usaha juga gtu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kok nangkapnya gini, misal kita punya bisnis dan merek dagang, kita buat akun Tribelio untuk memudahkan penggemar produk kita mendapatkan produk kita secara lebih cepat. Kita mungkin juga bisa berdiskusi dengan para pelanggan di sini.

      Mmm, mungkin ini bisa dipakai sama artis atau band-band yang punya fanbase ya? Jadi para fans bisa beli merchandise di akun Tribelio ini.

      Delete
  13. Baru denger platform ini, beneran memudahkan banget ya utk kita semua

    ReplyDelete
  14. Membuat landing page di Tribelio ini bisa membantu mengoptimalkan bisnis yangd dimiliki ya mbak
    Saya juga sudah coba bikin landing page di Tribelio

    ReplyDelete
  15. Wah baru kenalan nih dengan Tribelio. Semakin memudahkan sekarang ini kalau urusan informasi produk.

    ReplyDelete
  16. wih bagus juga nih Tribelio. kreator skrg makin enak nih, kalau mau jual2 atau broadcast lebih gampang yaa.. premiumnya menurutku masih terjangkau jg

    ReplyDelete
  17. Seneng banget sama landing page di Tribelio karena tampilannya sangat informatif, simple dan clear. Sehingga memudahkan bagi klien yang membutuhkan produk atau jasa dengan mengunjungi landing page di Tribelio.

    ReplyDelete
  18. Aku baru tahu nih tentang Tribelio. Enak juga ya bisa punya komunitas sendiri. Ada fasilitas traffic pula. Kita jadi bisa memantau perkembangan komunitas yang kita punya. Ada fasilitas shop juga. Bisa jualan di sini tapi potongannya lumayan besarnya 5%

    ReplyDelete
  19. Pas banget ya namanya Tribe, jadi para pedagang bisa membagikan informasi produk dan jasanya ke anggota komunitasnya, bisa nih aku pakai Tribe untuk menjual jasa les menulis online Ruang Aksara ku

    ReplyDelete
  20. Keren nih tribelio. Mau cobain juga. Biar bisa aktif jualan via online. Pengen buka jasa buat situs

    ReplyDelete
  21. Ahaii ada teteh Indari..lama ga berinteraksi dengan teh Indari.. Untuk pengembangan bisnis sekarang emang udah banyak pilihan platformnya ya.. Apalagi di Tribelio nih..tinggal pilih mau yang mana untuk mendongkrak bisnis

    ReplyDelete

Waktu Memang Tidak Bisa Diulang (Rindu Sahabat)

Sumber : Pexel by Irina Iriser Waktu memang tidak bisa diulang, memaksa saya untuk mengembalikan ingatan pada beberapa hal yang saya sesal...