Sunday 22 May 2022

Sidang Senat Terbuka Wisuda XVII Sekolah Tinggi Teknologi Bandung, Banjir Prestasi Baik Para Wisudawan Maupun Dosennya

Foto: Wisuda STT Bandung ke-XVII Tahun 2022

Bandung, Pasukan Blogger Joeragan Artikel – Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Bandung menyelenggarkana acara wisuda ke-XVII untuk program Sarjana (S1). Acara yang berlangsung di Trans Luxury Hotel Bandung tersebut berlangsung pada hari Sabtu, 21 Mei 2022 pukul 08.00 – 13.00 WIB.

Acara wisuda semakin lengkap, karena pihak STT Bandung mengadakan kerjasama dengan Pasukan Blogger Joeragan Artikel (PAS Blogger JA) untuk meliput secara daring. Ada 20 orang penulis perempuan terpilih dari komunitas yang digawangi oleh Ummi Aleeya atau Sri Kuswayati, S.Si, M.kom tersebut turut ambil bagian dalam liputan acara.

Berdasarkan rundown acara yang diterima PAS Blogger JA, acara wisuda STT Bandung ke-XVII meliputi 12 susunan jadwal acara yang dilaksanakan sesuai waktu yang telah ditentukan. Sebelum acara dimulai, pembawa acara membacakan aturan yang harus ditaati seluruh wisudawan/ wisudawati selama acara berlangsung.

Terdapat sebanyak 142 wisudawan STT Bandung yang terdiri dari : 78 orang dari Teknik Industri, 53 orang dari Teknik Informatika dan 11 dari Desain komunikasi Visual.

Foto : Wisudawan/ Wisudawati STT Bandung ke-XVII Tahun 2022

Prosesi Acara Wisuda

Pelaksanaan acara wisuda lulusan STT Bandung ke-XVII tahun 2022 berlangsung sesuai dengan peraturan pemerintah. Telah diketaui jika saat ini pemerintah telah memberikan kelonggaran terhadap pelaksanaan kegiatan yang melibatkan orang banyak. Oleh sebab itu, acara wisuda lulusan STT Bandung ke XVII juga sudah bisa dilaksanakan secara offline.

Bahkan tidak hanya para wisudawan/ wisudawati, orangtua atau anggota keluarga juga diperkenankan untuk menghadiri acara wisuda lulusan program Sarjana (S1) tersebut. Para wisudawan/ wisudawati bisa menghadiri acara bersamaan dengan teman-teman satu angkatan sekaligus bertatap muka langsung dengan para dosen.

Presiden Joko Widodo belum lama ini telah mengumumkan bahwa masyarakat diperkenankan untuk melepas masker saat berada di luar ruangan. Namun, untuk acara yang berada di dalam ruangan peserta masih diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan secara ketat. Sehingga panitia juga membagikan masker untuk para wisudawan/ wisudawati serta para pendamping untuk digunakan pada saat acara berlangsung.

Foto: Jajaran Senat STT Bandung sedang Memasuki Ruang Sidang Senat

Jajaran Senat STT Bandung Memasuki Ruangan

Acara wisuda lulusan STT Bandung ke-VII akan segera dimulai yang ditandai dengan masuknya jajaran senat ke ruang wisuda. Seluruh peserta yang hadir, mulai dari wisudawan/ wisudawati serta para pendamping diminta untuk berdiri menyambut kehadiran jajaran senat.

Turut hadir dalam acara wisuda STT Bandung ke-XVII, antara lain : Direktur Kelembagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia: DR.Lukman S.T, M.Hum, Founder dan CEO SMESHub Indonesia: Lutpi Ginanjar, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Pendidikan Tinggi Wilayah IV: DR. M. Samsuri, S.Pd., M.T., Pembina Yayasan LPPI Bandung, Ketua Yayasan dan Para Pengurus Yayasan LPPI Bandung, Para Mitra Kerjasama STT Bandung, Ketua STT Bandung beserta jajarannya, Para Undangan Wisudawan/Wisudawati serta pendamping.

Foto : Tari Sancang Gugat dari Pasundan

Seremoni dimulai yang ditandai dengan persembahan tarian Selamat Datang. Ada 8 penari yang membawakan tarian Sancang Gugat yang berasal dari negeri Pasundan. Tarian tersebut dipersembahkan untuk menghormati serta mengucapkan selamat datang bagi seluruh tamu yang menghadiri wisuda STT Bandung ke-XVII.

Selanjutnya, Sidang Senat Terbuka dilakukan oleh Ketua STT Bandung, Muchammad Naseer, S.Kom., M.T. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta serta Mars STT Bandung oleh paduan suara STT Bandung.


  Foto: Ketua STT Bandung, Muchammad Naseer, S.Kom., M.T

Ketua STT Bandung, Muchammad Naseer, S.Kom., M.T. melanjutkan acara dengan memberikan laporan. Ia mengaku, bahwa dirinya sangat senang bisa menyelenggarakan acara wisuda STT Bandung ke-XVII secara offline. Pasalnya, selama dua tahun terakhir acara wisuda hanya bisa dilaksanakan secara virtual dan hybrid.

Selain itu, Muchammad Naseer juga menyampaikan perkembangan STT Bandung selama beberapa tahun terakhir. Saat ini, perguruan tinggi swasta yang berfokus pada bidang teknologi dan desain tersebut telah mendapatkan respon positif dari berbagai kalangan secara nasional dan internasional.

Kerjasama STT Bandung dengan Mitra

STT Bandung telah melakukan kerjasama dengan LITHAN Academy Singapore serta beberapa perusahaan swasta di luar negeri dalam bidang pemagangan mahasiswa. Sebagai program kampus Merdeka, STT Bandung juga melakukan kerjasama dengan berbagai perusahaan BUMN di Indonesia untuk pelaksanaan program magang mahasiswa bersertifikat.

Lulusan STT Bandung rata-rata hanya membutuhkan waktu selama 45 hari atau 1,5 bulan untuk memasuki dunia kerja. Dalam upaya peningkatan daya saing, setiap mahasiswa lulusan STT bandung dibekali dengan Sertifikat Internasional agar mendapatkan pengakuan dari ratusan ribu perusahaan yang bertaraf nasional maupun internasional.

Sebagai upaya peningkatan kualitas mahasiswa serta alumni STT Bandung melakukan kerjasama dengan 107 BUMN sebagai program magang mahasiswa bersertifikat, serta mengadakan International Career Center Networt (ICCN).

Mahasiswa juga berhasil mengembangkan Aplikasi Sistem Informasi Kewirausahaan (ASIK) di lingkungan Sekretariat Daerah Bagian Ekonomi oleh 2 mahasiswa Teknik Informatika. Perguruan tinggi menyediakan Unit Career Development Center untuk membekali mahasiswa untuk memasuki dunia kerja. Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, STT Bandung juga melakukan kerjasama dengan pemerintah dalam upaya penanganan wabah Covid-19.

“STT Bandung bekerjasama dengan Kodam Siliwangi, Polda Jawa Barat serta Pemerintah Kota Bandung untuk menyediakan fasilitas vaksinasi Dosis I, Dosis II dan Booster secara gratis bagi mahasiswa dan masyarakat,” ujar Muchammad Naseer.

Muchammad Naseer mengatakan, jika STT Bandung telah menyediakan vaksinasi sebanyak 4.500 dosis. Pihak perguruan tinggi juga melibatkan para mahasiswa dalam pelaksanaannya di sentra vaksinasi sebagai tenaga ahli informasi dan teknologi.

Foto : Lima Dosen Berprestasi STT Bandung

Prestasi Dosen

Pihak perguruan tinggi juga mendorong inovasi dan inkubasi dosen yang memiliki passion dalam hal pengembangan usaha. Jumlah dosen sebanyak 170 orang, sekitar 96% sudah memenuhi ketentuan dengan memiliki pendidikan Strata 2 dan Strata 3.

Sepanjang 2021 hingga 2022 terdapat sekitar 10 dosen tetap yang sedang dan akan menempuh studi Doktor, baik di perguruan tinggi yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri. Tidak hanya mahasiswa yang berprestasi, terdapat lima dosen yang lolos mengajukan proposal untuk kebutuhan program Matching Fund dari Kedaireka.

Kelima dosen tersebut, antara lain : Ai Nurhayati, S.Si., M.T, Muhammad Sabar, S.T, M.T, Sri Erina Damayanti, S.T., M.Kom, Sri Kuswayati, S.Si., M.Kom, serta TiphannyAurumajeda, S.Sn, M.Sn.

STT Bandung bekerjasama dengan GSSI dalam pelaksanaan program penanganan sampah dan ketahanan pangan dengan mengadakan kampanye untuk tidak membeli makanan dari luar. Hal ini dilakukan untuk membantu program pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19.


 Foto : Wisudawan/ Wisudawati Berprestasi STT Bandung ke-XVII

Prestasi Mahasiswa

Sedangkan jumlah ornagisasi mahasiswa ada sebanyak 18 unit dengan jumlah kegiatan sepanjang pertengahan tahun 2022 terdapat 500 kegiatan. Puncak prestasi mahasiswa STT Bandung didapatkan dengan mengikuti pameran di Dubai dan Korea Selatan.

Mahasiswa dari DKV memiliki prestasi yaitu : Eka Prasetya yang berhasil membuat buku fotografi yang berjudul Hati-hati dengan memotret pelanggaran pengguna kendaran bermotor di kota Bandung. Hasil karya Eka Prasetya tersebut mendapatkan apresiasi dari Wali Kota Bandung.

Berikutnya berupa karya digital webtoon yang berjudul Problematikos. Hasil karya Aisha Salma Aulia Salsabil kini telah mencapai angka 6.860 lebih pembaca. Prestasi mahasiswa STT Bandung tidak berhenti disitu saja, berikutnya diraih oleh Rusdi Ahady yang berhasil mendapatkan Juara I dalam sayembara desaik Logo MMA II (Mahrojan Musabaqoh Al Arabiyah) yang dilaksanakan oleh UIN Semarang.

Selain itu,ada 9 mahasiswa yang berhasil menyelesaikan program sarjana (S1) hanya dalam waktu 3,5 tahun, yaitu : Naufaldy Salsabila, Ade Isman Aji, Trinayudha Bachtiar, Irwan Rhamadan, Shifa Rahmawati, Lutfi Nurbayani, Bella Rizki Amanda, Mohamad Fikri Abu Bakar dan terakhir Dandi Supriyadi. Masih banyak lagi prestasi yang berhasil diraih wisudawan/ wisudawati STT Bandung.

Foto : Atiek Fauziah, Wisudawati yang Meninggal Dunia dari Prodi Teknik Industri
 

Sayangnya, terselip berita duka diantara deretan panjang prestasi mahasiswa STT Bandung tersebut. Ketua STT Bandung memberikan apresiasi pada salah satu wisudawati yang telah berpulang ke Rahmatullah, yaitu Atiek Fauziah dari Prodi Teknik Industri. Penyerahan ijazah dilakukan pihak STT Bandung pada kedua orangtua dan kakak almarhumah.

Selamat untuk para wisudawan dan wisudawati STT Bandung, teruslah berkarya dengan menggunakan ilmu, wawasan dan keterampilannya yang bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat dan negara.

*** 


 

Gieska – Pasukan Blogger JA

Sragen, 21 Mei 2022

#STTBandung
            #2022GoesToUniversity
            #WisudaXVIISTTBandung
            #KampusMerdeka
            #MerdekaBelajar
            #KampusBandung
            #KuliahBandung
            #CampusofFutureLeader
            #CampusofTechnology
            #CampusofCreativity
            #CampusofDesign    
            #Campusofinnovation

 

 

 

5 comments:

  1. Selamat dan sukses untuk wisudawan-wisudawati XVII STT Bandung, semoga di masa mendatang ilmu dapat bermanfaat dan berkah. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Terima kasih sudah mampir, Mbak.

      Delete
  2. Salut untuk wisudawan yang bisa menyelesaikan masa studi selama 3,5 tahun di tengah masa pandemi. Semoga ilmu semua wisudawan bisa bermanfaat bagi masyarakat luas

    ReplyDelete
  3. Meirinding baca prestasi dari para mahasiswa dan dosen STT Bandung euy. Hebring pisan ini mah. Nggak salah kalau jadi kampus idaman. Semoga sukses semua wisudawannya!

    ReplyDelete
  4. Luar biasa memang prestasi kampus ini. Bahkan juga dinobatkan jadi sekolah tinggi nomor satu di Indonesia

    ReplyDelete

10 Tips Program Hamil Secara Alami Agar Cepat Hamil

Picture by Pexels-leah-newhouse   Umumnya, promil atau program hamil yang dilakukan pasangan suami istri dilakukan untuk memperbesar peluang...