Wednesday, 29 September 2021

Darwin dan Segala Kecerdasannya


 

How to Act Like Hooman merupakan sebuah film dokumenter yang diproduksi oleh empat orang mahasiswa yang berbeda negara. Keempat mahasiswa ini tidak saling mengenal sebelumnya dan baru pertama kali bertemu, namun ditantang untuk membuat film. Maka jadilah film yang mengambil latar di Sangeh, Bali.

Kisah ini mengusung tema keistimewaan yang berupa sebuah kesederhanaan. Karakter Darwin yang diperankan oleh seekor monyet tinggal bersama dengan ibunya di hutan Sangeh. Kegelisahan tentang hidup mandiri membuatnya pergi jauh dari ibunya dan mencoba hidup layaknya manusia.

Kejadian ini sebenarnya cukup wajar terjadi mengingat sebenarnya monyet juga memiliki kecerasan. Seperti temuan yang dilansir pada 19 Oktober 2016 yang menggenapi sinyalemen bahwa monyet (Macacus Synomolgus) punya kecerdasan. Tomos Profitt, seorang peneliti dari Oxford University  telah membuktikan selama melakukan riset di Taman Nasional Serra da Capivara, Brazil.

Profitt beserta timnya (Lydia V. Luncz, Tiago Falotico, Eduardo B. Ottoni, Ignacio de la Torre, dan Michael Haslam) dalam laporan penelitian yang diterbitkan oleh Nature, merekam monyet caphucin (jenis monyet berbulu coklat-kelabu pada sebagian tubuhnya)  yang sedang memecahkan batu.

Dalam How to Act Like Hooman, Darwin juga menunjukkan kecerdasannya dengan menirukan aktivitas manusia. Darwin berhasil menemukan cara untuk pergi ke kota. Walaupun berada di tempat yang asing, Darwin juga berusaha untuk tetap bertahan hidup. Tingkah laku berikutnya yang dilakukan untuk menunjukkan kecerdasan adalah saat Darwin hendak membeli makanan dan minuman.

Meski Darwin memiliki cara untuk bertahan hidup, tapi Darwin tetaplah monyet yang memiliki kekurangan. Kondisi fisik Darwin yang berupa monyet tidak mendapatkan kepercayaan dari manusia bahwa dia bisa membeli yang diinginkannya.

Di sini sifat asli Darwin muncul,  sifat hewan yang membutuhkan manusia dalam aktivitasnya. Darwin menemukan orang yang bisa membantunya membeli makanan dan minuman. Meski mendapatkan hidup yang serba modern, Darwin tetap tidak bahagia karena tidak bisa menikmati apa yang menjadi miliknya.

How to Act Like Hooman diperankan oleh Herry Bhaskara, I Kadek Jaya Wiguna, I Gusti Ngurah Gede Oka, Ida Bagus Dipayana, serta Monkeys in Sangeh Monkey Forest. Kisah yang berdurasi 9 menit 57 detik ini masih bisa disaksikan di Genflix.

No comments:

Post a Comment

Lubang Anggrek - Bulan

How Deep The Hole Goes sebuah film drama yang cukup berat. Bunga yang digambarkan sebagai tokoh utama menjadi penyebab terjadinya sebuah t...