Wednesday 7 October 2020

Makanan Sehat untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

 

Konsumsi makanan sehat sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau sering dipahami sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan penyakit.

Pada dasarnya, tubuh manusia memiliki sistem yang bertugas untuk menangkal serangan mikroorganisme atau kuman yang bisa menimbulkan penyakit. Namun, adakalanya sistem imun tubuh ini dalam kondisi lemah yang kemudian bisa menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit.

Sistem ini bekerja dengan membentuk imunitas untuk melindungi tubuh dari serangan organisme, kuman atau virus yang dapat menyebabkan penyakit.

Jadi, penting banget nih Moms untuk selalu menjaga daya tahan tubuh agar kita bisa terhindar dari paparan virus atau terjangkit penyakit.

 
 Sumber Foto : Pixabay

Kalau dilihat secara umum, langkah pencegahan yang bisa kita lakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan sehat.

Jenis makanan yang bisa digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh ini sering disebut dengan isi piringku. Selain itu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C juga bisa meningkatkan sistem imunitas.

Tidak hanya untuk menghindari virus corona yang sedang marak di seluruh dunia, makanan sehat juga bisa membuat daya tahan tubuh semakin meningkat untuk menghadapi perubahan cuaca yang ekstrim.

Jenis makanan sehat yang bisa digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, antara lain :

1.      Jeruk

Selama ini, jeruk merupakan sumber vitamin C yang sering kita konsumsi saat imun tubuh mulai turun.

Hal ini cukup beralasan, karena Vitamin C diduga dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang merupakan kunci untuk melawan infeksi.

Hampir semua jenis jeruk memiliki banyak kandungan Vitamin C. Namun ada beberapa jenis yang populer atau menjadi favorit untuk dikonsumsi, antara lain : jeruk bali, jeruk keprok, jeruk lemon dan jeruk nipis.

Tubuh tidak dapat memproduksi dan menyimpan Vitamin C, sehingga kita memerlukan asupan Vitamin C setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh secara berkelanjutan.

Jumlah Vitamin C yang disarankan untuk dikonsumsi orang dewasa, adalah :

·         75 mg untuk wanita

·         90 mg untuk pria

Namun jika Moms lebih memilih suplemen, maka disarankan untuk tidak lebih dari 2.000 miligram.

2.      Kiwi

Sumber  Foto : Pixabay

Kiwi merupakan jenis makanan lain yang dipercaya untuk menjaga imun tubuh. Buah kiwi yang memiliki ukuran sedang memiliki kandungan Vitamin C sebesar 71 mg.

Selain bisa digunakan untuk menjaga imun tubuh, kiwi juga bisa digunakan untuk menurunkan tingkat stres dan mengurangi kolesterol. Moms bisa mengkonsumsi kiwi sebanyak 2-3 buah setiap hari untuk mengurangi resiko penyakit stroke dan menghilangkan penggumpalan darah.

Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah putih yang baik untuk melawan infeksi. Selain itu kiwi juga dipenuhi dengan nutrisi penting seperti folat, kalium, dan Vitamin K.

3.      Brokoli

Jika mengutip healthline.com, terdapat banyak penelitian yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi brokoli disebut sebagai salah satu cara untuk menjaga imun tubuh. Moms yang memasak setengah gelas brokoli akan mendapatkan kandungan Vitamin C sebanyak 51 mg.

Manfaat lain yang bisa Moms dapatkan dengan mengkonsumsi brokoli, antara lain untuk menurunkan tingkat stres, serta menurunkan resiko penyakit jantung dan kanker.

4.      Paprika Merah

Jenis buah lain yang kaya dengan kandungan Vitamin C adalah paprika merah. Jika Moms membandingkan dengan berat bahan yang sama, paprika merah bahkan mengandung hampir 3 kali lebih banyak Vitamin C dari jeruk florida. Selain itu, paprika juga merupakan makanan sumber beta karoten.

Makanan sebagai sumber Vitamin C selain memiliki fungsi meningkatkan daya tahan tubuh, juga berguna menjaga kulit agar tetap sehat. Sementara beta karoten yang terkandung dalam paprika akan diubah menjadi Vitamin A yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

5.      Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bahan makanan yang bisa ditemukan dalam hampir semua masakan di dunia. Tahukah Moms? Bahan makanan ini tidak hanya bisa digunakan untuk meningkatkan cita rasa makanan tapi juga sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Peradaban awal mengakui bahwa bawang putih memiliki nilai dalam memerangi infeksi. Selain itu fungsi lainnya bisa memperlambat pengerasan pembuluh darah. Sifat meningkatkan kekebalannya terdapat pada konsentrasi tinggi senyawa yang mengandung belerang, seperti allicin.

6.      Jahe

Sumber Foto : Pixabay

Selama ini kita mengetahuni bahwa jahe sangat bagus untuk mengurangi peradangan dan meredakan sakit tenggorokan. Ternyata selain bisa digunakan sebagai makanan untuk menjaga daya tahan tubuh, jahe juga bisa mengatsi berbagai masalah kesehatan, seperti :

·         Mengatasi mual

·         Mengurangi nyeri kronis

·         Memiliki sifat penurun kolesterol 

7.      Bayam

Selama ini bayam dikenal sebagai makanan yang kaya akan Vitamin A. Namun ternyata bayam juga memiliki kandungan Vitamin C yang cukup banyak.

Kandungan beta karoten dan antioksidan yang terkandung dalam bayam dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi melalui penguatan sistem kekebalan tubuh.

Mirip seperti brokoli, Moms bisa mengkonsumsi bayam sehat dengan memasak sesederhana mungkin untuk mempertahankan kandungan nutrisinya.

8.      Jambu Biji

Kembali mengutip di laman healthline.com menyebutkan bahwa salah satu makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh adalah jambu biji. Satu buah jambu biji memiliki kandungan Vitamin C sebesar 126 mg.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang rajin mengkonsumsi jambu biji sebanyak 7 buah setiap hari mampu menurunkan tekanan darah. Selain itu, kolesterol yang terdapat dalam tubuh juga akan ikut turun.

9.      Kunyit

Secara empiris, kunyit memiliki manfaat antiinflamasi untuk mengobati osteoartritis dan artritis reumatoid. Kunyit memiliki curcumin dengan konsentrasi tinggi yang dapat membantu mengurangi kerusakan otot yang disebabkan oleh olahraga.

Tak heran jika kunyit disebut sebagai salah satu jenis makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, karena manfaatnya ini bisa menjadi pendorong sistem kekebalan tubuh dan antivirus.

10.  Sup Ayam

Tidak hanya nikmat, sup ayam juga merupakan salah satu menu makanan favorit yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan air yang terdapat dalam sup bisa menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Sedangkan ayam atau kalkun, kaya akan vitamin B-6.

Sementara 3 ons daging ayam mengandung hampir sepertiga jumlah harian yang direkomendasikan untuk asupan B-6 orang dewasa. Vitamin B-6 memiliki peran penting dalam banyak reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh. Selain itu juga sangat penting untuk pembentukan sel darah merah yang baru dan sehat.

Jika Moms memasak sup ayam, kaldu tulang ayam juga bermanfaat karena mengandung gelatin, kondroitin, dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk penyembuhan usus dan kekebalan tubuh.

Mengingat pentingnya mengkonsumsi berbagai jenis makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Moms bisa menyajikannya sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Sementara untuk pengolahannya bisa disesuaiakan dengan selera.

Nah, jenis makanan untuk meningkatkan daya tubuh apa yang sering Moms sajikan untuk keluarga?

 

 

 

2 comments:

  1. Kalau saya seringnya vitamin C mak, kayak jeruk, terus buah-buahan lain kayak pepaya, sama makan sayuran. ^^

    ReplyDelete
  2. jahe favoritku dan suami, wajib banget tiap pagi minum air rebusan jahe 😉

    ReplyDelete

10 Tips Program Hamil Secara Alami Agar Cepat Hamil

Picture by Pexels-leah-newhouse   Umumnya, promil atau program hamil yang dilakukan pasangan suami istri dilakukan untuk memperbesar peluang...