Monday, 16 September 2019

Manfaatkan Website Untuk Wujudkan Bisnis Impian

Sumber Foto : Qwords.com

Tidak dapat dipungkiri, saat ini perkembangan teknologi sudah semakin pesat. Internet mempunyai peran yang sangat penting untuk mendukung segala bentuk kegiatan komersial baik secara mandiri maupun perusahaan. Hal ini yang menyebabkan perkembangan bisnis menjadi semakin bergantung pada keberadaan internet teknologi, terutama kepemilikan website untuk mendukung kegiatan dan peningkatan penjualan perusahaan.

Dulu, masih banyak pelaku usaha kecil yang menganggap keberadaan website tidak terlalu penting. Anggapan bahwa harganya yang mahal dan tidak masuk ke dalam anggaran usahanya masih menjadi alasan utama.

Namun ada juga yang beralasan karena usahanya tidak menggunakan komputer, maka website belum dibutuhkan. Pelaku bisnis ini cenderung melakukan pemasaran2 dengan cara konvensional seperti membuat brosur atau memasang iklan.

Untuk beberapa kasus tertentu, memang tanpa website bisnis anda sudah mendatangkan keuntungan yang sangat besar. Apalagi jika bisnis anda sudah memiliki nama besar (Top Brand). Namun jika bisnis anda belum memiliki brand yang kuat atau masih baru, peran website ini sangat diperlukan untuk memperluas jangkauan bisnis.

Meski demikian, bisnis yang sudah membuat banyak sekali iklan di masyarakat tetap memerlukan sentuhan teknologi untuk memperluas skala pemasarannya. Disini, website tetap memiliki peran penting sebagai media pemasaran untuk membantu perkembangan bisnis agar semakin melesat.

Sumber Foto : Iwansujana.com

Era digital merupakan era informasi, era keterbukaan dan kemudahan komunikasi sehingga keberadaan website akan mempermudah pelaku bisnis untuk mengenalkan produk atau jasanya pada masyarakat. 

Website inilah yang akan menampung semua informasi mengenai bisnis anda. Alasan inilah yang menyebabkan anda harus memiliki website, tidak peduli seberapa besar ukuran usahanya. Adapun manfaat website untuk kelangsungan bisnis anda adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan kredibilitas usaha

Saat ini semakin banyak konsumen yang menggunakan internet untuk mencari produk atau jasa yang mereka butuhkan. Dengan website, usaha anda akan mendapatkan kredibilitas. Apalagi jika usahanya masih dalam skala kecil.

Tanpa website, pelanggan akan berpindah pada pesaing anda yang memiliki website. Jika usaha anda sudah memiliki website dengan tampilan seadanya, segera desain ulang dengan tampilan yang lebih profesional. Kepercayaan konsumen akan terbentuk dengan sendirinya hanya dengan melihat tampilan website anda.

Keuntungan ini akan semakin nyata, jika bisnis yang anda miliki masih berupa bisnis rumahan. Anda tidak memerlukan toko offline (toko fisik) terlebih dahulu untuk mempromosikan produk atau jasa.

2. Menjangkau target pasar yang lebih luas

Apapun jenis bisnis anda, website selalu menjadi tempat alternatif yang menarik untuk mempromosikannya. Situs web eCommerce atau toko online, sebagai tempat yang bagus untuk mempromosikan produk anda ke pasar yang lebih luas.

Produk atau jasa anda akan lebih mudah diakses atau dilihat secara global. Bahkan produk yang anda pikir tidak mungkin bisa dijual secara online, seperti rumah atau mobil tetap bisa dijual secara online.

3. Meningkatkan pelayanan pada pelanggan

Website dapat memberikan layanan tambahan berupa tips atau info newsletter yang dibutuhkan konsumen perihal produk anda. Informasi ini akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi bisnis anda.

Salah satu contohnya jika bisnis anda berhubungan dengan produk ramah lingkungan, maka anda dapat memberikan tips tentang cara mendaur ulang.

Jika usaha anda berhubungan dengan alat transportasi, maka anda dapat memberikan tips tentang cara perawatan atau cara menghemat bahan bakar.

4. Selalu terhubung dengan pelanggan

Jika website anda berfungsi sebagai brosur atau katalog, anda akan lebih mudah dan cepat memperbarui informasi tentang produk. Cara ini juga lebih efektif untuk menginfokan kepada pelanggan untuk kedatangan produk baru, acara mendatang, promosi khusus dan layanan baru yang sedang anda tawarkan.

Informasi yang anda berikan akan lebih up to date dan tidak cepat usang seperti media cetak. 

5. Sarana promosi

Manfaat ini paling mendasar bagi sebuah bisnis (online). Website ibarat toko yang etalasenya digunakan untuk men-display produk atau jasa yang anda jual. Bedanya, jika toko mempunyai bentuk fisik sedangkan website hanya bisa diakses dalam bentuk online.

Biaya tahunan untuk membuat website pun lebih murah jika dibandingkan dengan menyewa sebuah toko/ ruko dalam satu tahun.

Anda bisa mendapatkan biaya membuat website bisnis atau toko online dengan harga dibawah 10jt per tahunnya. Sedangkan untuk biaya tahun kedua dan seterusnya bisa lebih murah lagi karena ada potongan harga.

Anda bisa mendapatkan harga yang lebih kompetitif lagi jika anda memesannya di Hosting Indonesia dengan link https://www.qwords.com/

Coba anda bandingkan sendiri biaya yang harus dikeluarkan jika menyewa toko atau ruko dalam satu tahun. Manfaat yang lebih penting, anda sebagai pemilik website dapat men-display produk atau jasa yang ingin ditawarkan pada pembeli.

Cara pembeliannya pun sangat mudah, semudah anda mengakses website pada umumnya. Anda hanya perlu masuk ke Beli Domain dengan link https://www.qwords.com/domain-name.

6. Bisa diakses 24 jam full dalam satu hari

Selama internet lancar, website bisnis anda ini dapat diakses full selama 24 jam dalam satu hari, non stop. Hal ini akan memberikan dampak positif bagi perkembangan bisnis anda karena semakin banyak orang yang tahu keberadaannya.

7. Bisa melayani lebih banyak pelanggan

Pada umumnya, di toko atau ruko hanya dapat melayani calon pembeli yang datang atau sesekali melalui telepon. Namun jika anda sudah memiliki website, anda bisa melayani lebih banyak pembeli karena semua yang mengunjungi website anda merupakan calon pembeli.

Anda bisa melakukan komunikasi melalui online. Semakin banyak dan baik pelayanan yang diberikan, akan berbanding lurus dengan sales yang dihasilkan.

8. Meningkatkan penjualan dengan repeat order

Dengan memiliki website bisnis atau toko online akan membantu meningkatkan penjualan anda. Alasannya cukup jelas, pelanggan yang ingin membeli produk atau jasa anda kembali tidak perlu datang ke toko atau lokasi.

Cukup melakukan pemesanan melalui online, maka transaksi jual beli sudah bisa dilakukan. Jika produk atau jasa yang diterima pembeli berkualitas, harganya sesuai dengan budget maka repeat order hanya tinggal menunggu waktu saja.

Ada lagi keunggulan lainnya, pelanggan yang puas dengan kualitas produk anda juga dapat memberikan komentar positif di website tentang produk atau jasa yang dibeli. Hal ini akan menambah trust bagi calon pembeli baru untuk segera menggunakan produk atau jasa anda.

Manfaat website yang banyak sekali untuk perkembangan bisnis ini  membuat para pelaku usaha memilih media tersebut sebagai sarana promosi terkini. Bagaimana dengan anda?



No comments:

Post a comment

Makanan Sehat untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

  Konsumsi makanan sehat sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau sering dipahami sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan ...