Thursday, 12 October 2017

Perawatan Kulit Wajah Saat Wanita Berusia 30 Tahun

Usia 30 tahun dianggap sebagai usia matang, dimana seorang wanita sudah mempunyai tingkat kepercayaan diri yang lebih. Rasa percaya diri ini berhubungan dengan kesehatan kulit wajah. Wanita cenderung memberikan perawatan kulit yang lebih intensif saat usianya mencapai kepala tiga. Karena pada usia ini bisa muncul beberapa masalah kulit pada wajah seperti kulit kering, muncul garis wajah, pori-pori besar, wajah kusam, flek hitam atau bahkan jerawat. Masalah kulit ini bahkan tidak muncul pada saat wanita berusia 20 tahun.
Pada usia ini seorang wanita bisa mencapai tingkat kemapanan dalam kehidupan, karir dan ekonomi. Namun, di satu sisi wanita bisa mengalami kemunduran dalam hal kesehatan kulit secara alami. Hal ini terjadi karena kulit sering terpapar polusi, pengaruh lingkungan, stres, merokok atau minuman beralkohol. Saat Anda mulai merasa cemas akan terjadinya kerusakan ini, maka Anda bisa melakukan beberapa perawatan sebagai berikut :
1. Menerapkan Pola Hidup Sehat
Pola hidup sehat sangat penting untuk Anda lakukan saat usia sudah menginjak kepala tiga. Banyak mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, dan berbagai jenis makanan yang mengandung anti oksidan sangat baik untuk menjaga kesegaran kulit. Makanan sehat yang wajib kita konsumsi adalah makanan yang banyak mengandung vitamin, mineral dan antioksidan.
Melakukan olahraga setiap hari juga penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Selain dari faktor makanan, aktif bergerak juga bisa menjaga kesehatan kulit yang tidak lagi muda. Anda perlu mengingat bahwa jenis makanan yang dikonsumsi dan kebiasaan sehari-hari dapat mempengaruhi kesehatan kulit.
2. Menjaga Kebersihan Kulit
Perlu Anda ketahui bahwa kebersihan kulit perlu dijaga dengan membersihkan dua kali sehari, setiap pagi dan malam hari. Kebersihan dan kelembaban kulit penting untuk dijaga disaat usia 30 tahun, dimana masalah sering menghampiri kulit. Karena masalah pada kulit akan menimbulkan rasa ketidaknyamanan. Sehingga kebersihan dan kelembaban kulit ini penting untuk diperhatikan.
Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kelembaban kulit adalah sebagai berikut :
• Sabun Pembersih Wajah.
Sebaiknya Anda menggunakan sabun pembersih wajah yang mengandung AHA (Alpha Hydroxi Acid) yang berfungsi untuk membantu pengelupasan sel kulit mati agar membuat kulit tampak lebih segar dan halus.
• Moisturizer (Pelembab)
Kulit wajah menjadi mudah kering saat memasuki usia 30 tahun. Kerutan atau garis wajah akan mudah timbul pada kondisi kulit yang kering. Hal ini terjadi karena kulit mulai kurang terhidrasi. Oleh sebab itu, pelembab harus digunakan setiap hari agar kulit terhidrasi dengan baik dan terlihat awet muda.
Pelembab yang bisa dijadikan rekomendasi adalah pelembab yang mengandung antioksidan. Pelembab jenis ini akan melawan radikal bebas yang bisa mengakibatkan penuaan dini, contohnya pelembab yang mengandung vitamin C atau teh hijau. Selain itu untuk menjaga kelembaban kulit, sangat dianjurkan mengkonsumsi air putih lebih banyak.
• Tabir Surya (Sunscreen) atau Sunblock
Sunscreen atau sunblock ini wajib dipakai setiap hari untuk melindungi dari efek buruk paparan sinar matahari/ sinar UV. Sinar ini mempunyai dua jenis yaitu UVA dan UVB. Dimana sinar UVA bisa merusak kulit yang menyebabkan penuaan dini, seperti kerutan atau flek hitam. Sedangkan sinar UVB memberikan efek burning yang menyebabkan kulit berubah warna menjadi gelap.
Sehingga kulit bisa menghindari sinar UVB karena tidak terpapar sinar matahari langsung. Namun, kulit tidak dapat menghindar dari efek sinar UVA yang dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini.
• Krim Malam
Krim malam dapat berfungsi secara maksimal pada saat kulit sedang beristirahat. Krim ini dapat bekerja secara efektif pada saat kulit sedang beregenerasi. Krim malam biasanya mengandung turunan vitamin A, berfungsi untuk menstimulasi kulit agar mengeksfoliasi kulit mati dan meregenerasi sel kulit yang baru.
• Peeling (Scrubbing)
Penggunaan cairan/ krim peeling atau butiran scrub bertujuan membantu pengelupasan sel kulit mati dan menstimulasi tumbuhnya sel kulit yang baru.
Peeling atau scrubing bisa dilakukan di klinik kecantikan atau bisa juga dilakukan di rumah. Home peeling biasanya mengandung asam glikolat yang lebih rendah jika dibandingkan dengan peeling yang dilakukan di klinik kecantikan. Untuk peeling yang dilakukan di klinik kecantikan ini biasanya dilakukan bersamaan dengan facial.
Perawatan kulit wajah untuk usia 30 tahun keatas sebaiknya dilakukan dengan konsultasi ke dokter lebih dulu. Hal ini perlu dilakukan karena setiap wanita mempunyai jenis kulit, faktor hormon dan masalah kulit yang berbeda. Konsultasi ke dokter perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam pemilihan jenis produk kecantikan yang akan digunakan.

20 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Siap2 nih buat saya. Soalnya tahun dpn mau 30 T_T

    ReplyDelete
  3. Waduh sudah lewat banget saya...
    Tapi ulasannya lengkap ini..Terima kasih sudah diingatkan Mbak:)

    ReplyDelete
  4. meskipun sdh lewat, tp tetep harus di rawat juga nih

    ReplyDelete
  5. Saya sudah 4+, tapi perawatan sekedarnya, hiks....

    ReplyDelete
  6. Wuah... Mak. Infonya sngat jelas dan lengkp. Bermanfaat sekali buat saya yg mau umur 30 tahun ini. Hehehe

    Thanks, Mak Gieska😊

    ReplyDelete
  7. Wuah... Mak. Infonya sngat jelas dan lengkp. Bermanfaat sekali buat saya yg mau umur 30 tahun ini. Hehehe

    Thanks, Mak Gieska😊

    ReplyDelete
  8. Setiap wanita ingin kulit wajahnya terawat ya .. apalagi kalau udah memasuki usia kepala 3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak. Perlu perawatan ekstra di usia 30+ mbak

      Delete

Makanan Sehat untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

  Konsumsi makanan sehat sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau sering dipahami sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan ...