Monday, 12 June 2017

Cara Alami Menjaga Kesehatan Kuku

Bagi wanita menjaga kesehatan dan kecantikan kuku juga sangat penting. Kuku yang cantik dan mengkilat bisa menggambarkan kebersihan dan kondisi kesehatan seseorang. Jika tidak dirawat dengan baik kuku akan rapuh dan mudah patah, terutama untuk kuku yang panjang atau sering diberi kutek. Terlalu sering menggunakan kutek akan membuat kuku tidak bisa bernapas. Sebaiknya kuku berkutek diberi waktu untuk bernapas kurang lebih satu minggu dalam sebulan.

Perawatan kuku ini bisa berupa menjaga kebersihan dan kelembaban kuku serta kutikula. Sebaiknya kita tidak perlu terlalu sering ke salon untuk melakukan perawatan kuku. Kenapa? Jika kita terlalu sering melakukan manicure di salon maka kuku kita akan sering terpapar bahan kimia. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab kuku menjadi semakin rapuh dan mudah patah.

Ada beberapa perawatan alami yang lebih murah jika dibandingkan dengan perawatan kuku di salon. Rendam kuku ke dalam air hangat yang diberi minyak zaitun selama 15 atau 20 menit. Ini dilakukan untuk menjaga kelembaban kuku. Setelah itu, kita bisa juga membersihkan kutikula. Saat kita membersihkan kutikula sebaiknya tidak dilakukan dengan mendorong maupun mengupas. Kutikula yang rusak cenderung bisa menyebabkan terkena infeksi. Penyebab dari infeksi bisa berupa bakteri atau jamur yang masuk antara kuku dan bantalan kulit.

Penggunaan cairan yang mengandung aseton pada saat membersihkan kutek juga bisa berakibat rusaknya kuku. Kadar aseton yang terkandung pada pembersih kuku bisa membuat kuku semakin mudah rusak. Cara lain untuk mendapatkan kuku yang cantik bisa juga dilakukan dengan mengampelas kuku. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus maka kuku bisa mengalami keretakan, baik retak kecil maupun retak permanen.

Pertumbuhan kuku jari tangan bisa empat kali lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan kuku kaki, yaitu 0,5-1,5 mm per minggu. Perawatan kuku secara alami bisa dijadikan sebagai pilihan, selain bahan yang digunakan sangat mudah di dapatkan juga tidak mempunyai efek samping. Beberapa cara perawatan kuku secara alami adalah sebagai berikut :

1. Belimbing wuluh, bisa digunakan untuk membersihkan kotoran yang terdapat diantara kuku dan kulit luar. Caranya dengan mengoleskan potongan belimbing wuluh pada kuku, setelah dibilas dengan air bersih.

2. Lidah buaya, oleskan secara merata pada kuku dan rutin untuk mendapatkan kuku yang cantik dan bening.

3. Getah pepaya bagus sekali digunakan untuk menjaga
kulit luar kuku agar tidak mudah pecah dan mengelupas.

4. Jeruk lemon, digunakan untuk mengembalikan warna kuku yang kuning. Siapkan satu sendok perasan jeruk lemon, campur sampai rata dengan pasta gigi (disarankan menggunakan pasta gigi yang berfungsi untuk memutihkan gigi). Oleskan pada kuku sampai rata. Tunggu hingga kering kemudian bilas dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal bisa dilakukan secara teratur sekali dalam satu minggu.

5. Bawang putih berfungsi untuk menguatkan kuku. Caranya cukup mudah, parut bawang putih sampai halus kemudian oleskan pada kuku. Tunggu beberapa menit, kemudian bersihkan dengan air. Bisa juga dilakukan dengan menggosokkan bawang putih langsung pada kuku, lakukan secara rutin untuk mendapatkan kuku yang semakin kuat dan tidak rapuh.

6. Campuran madu, telur dan minyak zaitun, bisa berfungsi untuk melembabkan dan melembutkan kuku.

Tips ini bisa dilakukan jika kita mempunyai kuku yang kering dan kurang nutrisi. Caranya, campurkan dua sendok makan madu dan minyak zaitun dalam panci. Panaskan dan aduk sampai rata, siapkan kocokan telur. Campurkan adonan madu dan minyak zaitun ke dalam kocokan telur, oleskan pada kuku. Tunggu 10-15 menit kemudian bersihkan dengan air.

5 comments:

  1. Demi kuku yang cantik, perempuan akan melakukan banyak hal, termasuk melakukan perawatan dii salon. Padahal ada dampak negatifnya juga ya., .bisa rusak karena terpapar zat kimia.

    ReplyDelete
  2. Trims infonya Mbak..Saya taunya cuma blimbing wuluh. Dulu waktu kecil, sama teman-teman suka bersih"in kuku pakai blimbing itu..ternyata memnag benar ya ::D

    ReplyDelete
  3. Wah aq ya. Sejak jadi emak2 dan anaknya masih kecil. Bikin aq belum sempet perawatan. Apalagi perawatan kuku. Smga nti ada kesempatannya ya buat perawatan 😃

    ReplyDelete

Makanan Sehat untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

  Konsumsi makanan sehat sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau sering dipahami sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan ...