Sunday, 16 April 2017

Yakin Masih Menghindari Kopi? Intip Dulu Manfaat di Balik Konsumsi Kopi Berikut ini!

Banyak yang beranggapan bahwa kafein yang terkandung dalam kopi mempunyai efek negatif bagi kesehatan tubuh.

Tapi sebenarnya banyak nutrisi dari biji kopi yang terbawa sampai menjadi kopi yang kita minum. Kadar kafein yang terkandung di dalamnya tidak akan memberikan dampak negatif jika dalam mengonsumsi kopi tidak berlebihan (hanya 2-3 gelas) dalam satu hari.

Satu gelas kopi mengandung :

• Riboflavin (Vitamin B2):11% of the RDA

• Panthotenic Acid (Vitamin B5):6%of the RDA

• Manganese and Potassium:3% of the RDA

• Magnesium and Niacin (B3):2% of the RDA

"RDA merupakan singkatan dari Recommended Dietary Allowance, yaitu estimasi jumlah nutrisi (atau kalori) per hari yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh."

Beberapa manfaat minum kopi bagi kesehatan tubuh, antara lain :

1. Meningkatkan energi dan membuat kita lebih cerdas Kafein di dalam kopi akan mempengaruhi cara kerja otak dan menghasilkan efek rangsangan. Hal ini akan meningkatkan energi, suasana hati, kesadaran dan fungsi otak.

2. Membantu membakar lemak Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein yang terkandung di dalam kopi dapat meningkatkan metabolisme sebanyak 3-11%. Hal ini menunjukkan bahwa kafein merupakan salah satu dari sedikit zat alami yang bisa membantu membakar lemak.

3. Melindungi dari penyakit Alzeimer dan Dimensia Penyakit Alzaimer merupakan penyakit penurunan kemampuan syaraf yang menjadi salah satu penyebab penyakit Dimensia. Sampai saat ini belum ada obat untuk penyait Alzaimer, tapi riset menunjukkan bahwa minum kopi secara rutin dapat menurunkan resiko penyakit Alzeimer sebesar 65% lebih rendah daripada yang tidak minum kopi.

4. Menurunkan risiko penyakit Parkinson Penyakit parkinson merupakan penyakit penurunan urat syaraf kedua setelah Alzeimer yang disebabkan matinya urat syaraf penghasil dopamin di otak. Penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi dapat menurunkan risiko penyakit parkinson lebih rendah sekitar 32-60%.

5. Mengurangi risiko penyakit kanker Kopi dapat menurunkan risiko terkena dua penyakit kanker yaitu kanker liver (40%) dan kanker usus besar (15%).

6. Menurunkan risiko penyakit hati dan stroke Kafein memang dapat meningkatkan tekanan darah tapi efeknya sangat kecil (3-4 mm/Hg), akan hilang jika meminum kopi secara rutin dan peminum kopi mempunyai peluang sekitar 20% lebih rendah.

7. Rata-rata peminum kopi mempunyai umur lebih panjang Survey memperlihatkan bahwa kopi dapat membuat umur lebih panjang, hal ini tentunya berhubungan dengan meminum kopi yang bisa memperkecil peluang mengalami risiko menderita beberapa penyakit.

Kopi dapat menurunkan risiko kematian pria sebesar 20% dan menurunkan risiko kematian wanita sebesar 26% dalam jangka waktu 18-24 tahun.

Selain mempunyai manfaat untuk kesehatan, kopi juga mempunyai manfaat untuk kecantikan, yaitu:

1. Tekstur dan kandungan kopi yang lembut dapat mengangkat sel kulit mati, itu sebabnya kopi sering digunakan sebagai masker, scrub dan lulur.

2. Menjaga kesuburan rambut dan menjaga rambut dari kerusakan seperti rambut kering, bercabang dan rontok sehingga kopi sering digunakan sebagai masker rambut.

3. Sebagai antioksidan pada kulit secara keseluruhan yang mampu melawan penuaan dini, polusi, radikal bebas dan faktor lain yang merusak kesehatan kulit.

4. Menghilangkan mata panda. Penggunaan kopi secara teratur dapat mengurangi pembengkakan pada bagian bawah mata.

5. Kopi yang bersifat diuretik mampu mengurangi selulit. Krim dan serum yang mengandung kopi memiliki kemampuan untuk meminimalkan visibilitas selulit dan menarik sel-sel lemak sehingga terjadi penyusutan lemak yang mengakibatkan selulit.

Demikian beberapa manfaat dari kopi bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Lebih baik mencegah agar tidak terjangkit beberapa penyakit dengan mengonsumsi kopi secara teratur. Begitu juga untuk kecantikan kulit bisa menggunakan kopi sebagai salah satu bahan perawatan kulit yang murah tanpa efek samping yang berbahaya.

No comments:

Post a comment

Makanan Sehat untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

  Konsumsi makanan sehat sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau sering dipahami sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan ...