Thursday, 13 April 2017

Perawatan Kecantikan Murah dengan Kulit Pisang


    Kulit pisang sering tidak digunakan lagi setelah diambil buahnya. Banyak yang tidak tahu manfaat yang terkandung di dalam kulit pisang bagi kecantikan kulit, terutama kulit wajah. Betikut beberapa manfaat yang terkandung dalam kulit pisang, yaitu :


  • Menghilangkan jerawat. Kulit pisang yang sering menjadi sampah setelah diambil dagingnya ini ternyata mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin B, C, B6, Kalium, Fosfor, Zat Besi dan Magnesium yang bisa menghilangkan jerawat. Kandungan Antijamur dan Antioksidan mampu menghilangkan minyak berlebihan pada kulit wajah dan menghilangkan flek hitam dengan cepat. Caranya dengan mengambil kulit pisang yang masih bersih dan segar kemudian gosokkan pada kulit wajah yang berjerawat atau bekas jerawat yang menghitam. Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan menghaluskan kulit pisang dengan blander, kemudian oleskan pada kulit wajah selama 15 menit. Bilas wajah dengan air sampai bersih, lakukan setiap hari sebelum mandi pagi dan sore hari.

  • Memutihkan gigi. Kulit pisang yang mengandung potassium, magnesium dan mangan mampu memutihkan gigi secara alami. Caranya dengan menggosokkan kulit pisang bagian dalam pada seluruh permukaan gigi secara melingkar selama 5 menit. Lakukan cara ini sebanyak 2 kali dalam sehari sebelum melakukan gosok gigi dengan pasta gigi.
  • Menyehatkan kulit wajah. Kulit pisang juga bisa dimanfaatkan untuk menyehatkan kulit wajah secara alami tanpa efek samping yaitu dengan menggunakannya sebagai masker wajah. Caranya dengan menghaluskan kulit pisang menggunakan blander, setelah halus campurkan 2 sendok makan madu murni. Aplikasikan campuran kulit pisang dan madu pada seluruh permukaan kulit wajah, kemudian tunggu sampai kering. Terakhir, bilas kulit wajah dengan air sampai bersih.
  • Menghambat kerutan pada kulit wajah. Seiring bertambahnya usia akan muncul kerutan atau garis tipis pada kulit wajah. Maka untuk menghambat adanya kerutan ini, kulit pisang bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah. Caranya dengan mengambil kulit pisang bagian dalam dan haluskan dengan menggunakan blander. Setelah itu campur kulit pisang dengan 2 sendok makan madu, aplikasikan pada kulit wajah secara merata. Tunggu sampai 30 menit, lakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu secara teratur.
  • UV Protection. Selain manfaat diatas, kulit pisang juga bisa digunakan untuk melindungi dari paparan sinar ultraviolet berbahaya. Jemur kulit pisang selama beberapa saat kemudian gosokkan pada kelopak mata. Penggunaan secara teratur terbukti menurunkan resiko katarak.
  • Mengobati gigitan nyamuk. Kulit pisang bisa mengurangi bekas gigitan nyamuk, caranya dengan memotong kulit pisang kecil-kecil kemudian tempelkan pada bekas luka gigitan nyamuk. Setelah 15 menit cuci dengan menggunakan air bersih.
  • Mengobati luka. Kulit pisang juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka karena cedera, terutama luka pada lutut. Caranya cukup mudah dengan menggosokkan kulit pisang yang baru pada lutut yang terluka, kemudian kita bisa melihat efek penyembuhan dari kulit pisang ini.
   Demikian beberapa manfaat dari kulit pisang yang bisa kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kulit pisang mempunyai manfaat yang cukup banyak sehingga diharapkan bisa menggunakannya dengan lebih bijak sebelum membuangnya. Selain itu kulit pisang juga bisa digunakan sebagai pengobatan alami tanpa adanya efek samping berbahaya.

No comments:

Post a comment

Makanan Sehat untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

  Konsumsi makanan sehat sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau sering dipahami sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan ...