Sunday, 9 April 2017

Bijak Memilih Pekerjaan




   Alasan seorang karyawan perusahaan dalam menerima pekerjaan akan sangat berpengaruh terhadap kapasitas kerjanya. Saat ini masih banyak karyawan yang bekerja tidak sesuai dengan kemampuannya baik secara akademis atau secara minat/ bakatnya. Karyawan yang bekerja tidak sesuai kemampuannya biasanya akan bekerja hanya untuk memenuhi Standart Operating Procedure (SOP) saja. Padahal SOP hanyalah sebuah standar yang ditetapkan perusahaan untuk karyawannya. Sedangkan kemampuan seorang karyawan bisa saja melebihi SOP perusahaan tersebut. Hal ini akan mengakibatkan karyawan membunuh potensi besar yang ada di dalam dirinya dan tidak dapat bekerja secara optimal di perusahaan tersebut.


   Kemampuan yang dimiliki seorang karyawan dalam memilih pekerjaan akan sangat berpengaruh terhadap beberapa hal berikut :
  • Sukses tidaknya seorang karyawan dalam menyelesaikan pekerjaannya. Seorang karyawan akan bekerja secara maksimal saat dia bisa menemukan pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan minatnya. Karyawan tersebut akan dengan senang hati menyelesaikan pekerjaannya walaupun kompensasi yang diperoleh tidak sesuai dengan kerja keras yang dilakukannya untuk perusahaan.
  • Karyawan yang bekerja sesuai dengan kemampuannya dapat menikmati pekerjaannya. Banyak kendala yang akan dihadapi karyawan tersebut dalam menyelesaikan pekerjaannya, namun dengan senang hati akan dicari solusi atau diselesaikan dengan mudah seberat apapun kendala yang dihadapinya.
  • Karyawan yang bekerja sesuai dengan kemampuannya akan bekerja melebihi SOP yang ditetapkan oleh perusahaan. Hal ini akan menjadi nilai lebih seorang karyawan sehingga saat ada pemberian reward maka karyawan tersebut bisa terpilih sebagai kandidatnya.
  • Pemilihan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan ini juga akan mempengaruhi kehidupan karyawan tersebut.
   Pemilihan pekerjaan ini cukup penting karena apabila seorang karyawan salah dalam menentukan pilihannya maka akan sama artinya dengan membunuh potensinya sendiri. Sebaliknya, apabila seorang karyawan telah memilih pekerjaan sesuai dengan kemampuannya maka dia akan berhasil menacapai nilai tertinggi kemanusiaannya.





   



 

2 comments:

Makanan Sehat untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

  Konsumsi makanan sehat sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau sering dipahami sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan ...